Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menggelar rapat terbatas untuk membahas persiapan menghadiri pertemuan puncak G-20 di Toronto, Kanada, 26-27 Juni 2010.

"Tadi rapat koordinasi persiapan untuk ke Toronto menghadiri G-20," kata Menteri Keuangan Agus Martowardojo di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu, seusai mengikuti rapat terbatas yang berlangsung lebih kurang dua jam itu.

Menurut Agus, dalam rapat yang juga dihadiri Menko Perekonomian Hatta Rajasa dan Ketua BKPM Gita Wirjawan itu dibahas mengenai usul yang akan dibawa Indonesia dalam pertemuan itu.

"Belum, masih diformulakan. Tapi kan perjalanan bapak Presiden tidak hanya ke G-20, tapi juga ke Turki," katanya.

Sementara itu Juru Bicara Presiden Julian A Pasha mengatakan bahwa usul yang akan disampaikan Indonesia tentu membawa kepentingan nasional.

"Masih dalam tahap finalisasi. Memang ada beberapa yang akan diajukan atau sampaikan dalam forum G-20 tapi masih dalam tahap-tahap. Tentunya di samping untuk kepentingan nasional kita, ada hal-hal lain yang sifatnya bagi kestabilan perekonomian atau sistem keuangan global," katanya.

Menurut Julian, G-20 akan mengangkat tema tentang pemulihan dan awal yang baik bagi perekonomian dunia.

"New beginning yang merujuk situasi terakhir tentang ekonomi dunia dan juga reformasi sektor keuangan dan sebagainya. Itu nanti akan diselaraskan dengan kepentingan kita," katanya.

Indonesia merupakan salah satu anggota G-20, suatu forum kerja sama ekonomi beranggotakan negara-negara berpengaruh di dunia. Forum tersebut dibentuk antara lain untuk mengatasi krisis perekonomian global 2008.
(G003*F008/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010