Jakarta (ANTARA News) - Motorola Inc mengatakan pada Kamis bahwa mereka akan meluncurkan ponsel baru berperangkat lunak Microsoft dan operator ponsel nomor tiga AS, Sprint Nextel Corp, akan menjual ponsel itu kepada pelanggan korporat.

Sementara Motorola menggunakan perangkat lunak Google Inc, Android, untuk konsumen ponselnya, melekat teknologi Microsoft dalam perangkat yang diperuntukkan bagi pelanggan bisnis itu.

Motorola mengatakan, dalam suatu acara akan mempresentasikan perangkat ES400, ponsel yang akan dipasarkan September dan akan dijalankan dengan perangkat lunak Microsoft Windows Mobile 6.5.

Microsoft, yang telah kalah dari Android di pasar perangkat lunak untuk ponsel, mengatakan bahwa pihaknya berencana memperbarui perangkat lunak Windows Mobile 6,5 untuk bisnis akhir tahun ini.

Ini akan dicap sebagai Windows Embedded Handheld, kata laporan Reuters.

Motorola berencana meng-upgrade ponsel ES400 ke versi berikutnya, kata juru bicara perusahaan tanpa memberikan penjelasan waktunya.

Tahun depan Microsoft akan meluncurkan versi baru Windows Embedded Handheld yang berbasis perangkat lunak Windows 7, menurut Chief Executive Steve Ballmer yang membuat pernyataan melalui video pada acara Motorola.

(Adm/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010