Makassar (ANTARA News) - PT Telkomsel menerapkan sistem solusi ``quality of service`` untuk menentukan prioritas akses sehingga menjamin pelanggan memperoleh layanan internet meskipun jaringan sedang padat.

Direktur Utama Telkomsel Sarwoto Atmosutarno di Makassar, Selasa, mengatakan, sistem ini memungkinkan pelanggan internet yang menggunakan koneksi melalui piranti bergerak mendapatkan kepastian koneksi dan kestabilan kecepatan akses internet.

Inovasi ini dilakukan untuk memberikan kepastian kenyamanan layanan kepada para pelanggan prioritas, ujarnya.

Peningkatan penggunaan akses internet melalui piranti bergerak telah membuat peningkatan yang signifikan pada lalu lintas jaringan pada periode tertentu.

Jaringan internet ibarat jalan raya yang kerap mengalami masa-masa ramai dan sepi. Untuk itu, sangat penting mempertahankan kualitas layanan di periode manapun sesuai dengan penawaran paket akses jaringan yang dipilih.

Dengan fasilitas yang didukung sistem PCRF (Policy and Charging Rule Function) dan sistem integrasi dari Ericsson ini, pihaknya dapat melakukan pemisahan pelanggan ketika lalu lintas jaringan memasuki jam sibuk.

Sistem PCRF merupakan salah satu komponen dalam paket data seluler yang memungkinkan dilakukannya prioritas penggunaan trafik komunikasi data, sesuai dengan paket yang ditawarkan, untuk membagi secara proporsional sumber daya yang tersedia.

Prioritas yang berbeda dapat dialokasikan untuk segmen pengguna atau aplikasi yang berbeda dan dapat diterapkan secara dinamis, tergantung pada lalu lintas jaringan.

Penjadwalan yang dilakukan sistem ini juga memungkinkan operator untuk mengubah prioritas selama sesi data berjalan dan menjaga tingkat bit tertentu dalam sesi simultan pengunduhan dan pengunggahan data.

Dengan sistem ini, operator akan mampu mengelola lalu lintas jaringan dan memanfaatkan investasi jaringan, sekaligus memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan," katanya. (RY/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010