Jakarta (ANTARA News) - Peringkat satu dunia Lee Chong Wei melanjutkan usahanya mempertahankan gelar juara saat membukukan tempat di perempatfinal Djarum Indonesia Terbuka Super Series meskipun kondisi badannya kurang prima.

Pada pertandingan putaran kedua di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis malam, juara tahun lalu itu meraih kemenangan atas pemain Jerman Marc Zwiebler 21-9, 21-14 untuk meraih tempat di babak delapan besar.

Ia akan melanjutkan usahanya untuk meraih gelar ketiganya setelah menang pada 2007 dan 2009 dengan melawan pemain Jepang Kenichi Tago yang menang atas pemain India Gurusaidatt Rajah Manuri Venkata 11-21, 21-18, 21-11.

"Ini cedera lama," katanya mengenai lutut kirinya yang dibalut es. "Dibalut es supaya pulih kembali."

Meski kondisinya masih dalam pemulihan cedera lutut kiri yang kambuh usai mengikuti putaran final Piala Thomas bulan lalu, Chong Wei tetap bertekad mempertahankan gelarnya.

"Saya tetap akan berusaha mempertahankan gelar di sini. Saya senang bermain di sini, dengan penontonnya, dan saya juga punya banyak teman di sini," katanya.

Turnamen Indonesia Terbuka menjadi salah satu persiapan Chong Wei menuju Kejuaraan Dunia yang akan berlangsung di Paris, Prancis, pada 23-29 Agustus.

"Setelah Indonesia Terbuka saya mungkin akan main di Macau (Terbuka pada 27 Juli-1 Agustus). Lepas itu saya akan fokus ke Kejuaraan Dunia karena sejak Piala Thomas saya belum latihan secara penuh," katanya.

Menang WO

Sementara itu, ganda putra Malaysia unggulan pertama Koo Kien Keat/Tan Boon Heong membukukan tempat di babak delapan besar tanpa tanding (walk out) setelah lawan mereka, pasangan Liao Mun Chun/Wu Chun Wei yang harus melalui babak kualifikasi, tidak tampil bertanding.

Pada perempatfinal, pasangan peringkat satu dunia itu akan melawan unggulan keenam asal Jepang Hirokatsu Hashimoto/Noriyasu Hirata, pemenang pertemuan dengan pasangan Malaysia lainnya Chow Pak Chuu/Hong Chien Hun 17-21, 21-19, 21-15.

Indonesia menyisakan satu ganda putra di perempat final setelah pasangan Bona Septano/Muhammad Ahsan berhasil melalui hadangan unggulan ketujuh asal Malaysia Gan Teik Chai/Tan Bin Shen dengan kemenangan 21-18, 21-14.

Dua pasangan lainnya, Rian Sukmawan/Yonatan Suryatama dan Lingga Lie/Joko Riyadi, menyusul Markis Kido/Hendra Setiawan yang sudah tersisih lebih dulu.

Rian/Yonatan dikalahkan pasangan Korea Kim Ki Jung/Chin Baek Cheol yang menjadi unggulan delapan 21-15, 19-21, 6-21, sedangkan Lingga/Joko menyerah pada pasangan Amerika Serikat unggulan kelima Tony Gunawan/Howard Bach dengan kekalahan 21-16, 13-21, 17-21.(*)

F005/D007

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010