Jakarta (ANTARA News) - Serikat Pekerja ANTARA menggelar musyawarah anggota tahun 2010 yang dibuka Dirut Perum LKBN ANTARA Dr H Ahmad Mukhlis Yusuf di lantai 19 Wisma ANTARA Jakarta, Jumat.

Mukhlis dalam sambutan pembukaan mengatakan, musyawarah anggota serikat pekerja tidak hanya sekadar regenerasi kepengurusan tetapi merupakan merupakan peneguhan kembali atas komitmen kemitraan antara serikat pekerja dengan manajemen.

"Karyawan mempunyai hak untuk diperjuangkan tetapi karyawan juga mempunyai kewajiban yang harus diingatkan untuk dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab," katanya.

Ia mengatakan, jalinan komunikasi antara karyawan dan manajemen harus terus terbina untuk mencapai peningkatan produktifitas perusahaan dan kesejahteraan bersama.

"SPA harus mengambil peran sebagai mitra manajemen," katanya.

Pada bagian lain, Dirut mengajak SPA untuk bersama melakukan pengawasan terhadap sesuatu yang menyimpang dari komitmen bersama.

"Jika mendapat informasi Direksi menerima `kick back` dari pihak lain maka laporkan ke Dewan Pengawas, demikian juga jika ada karyawan yang menyimpang dari komitmen maka saya usulkan dibuat nomor `hotline` untuk menerima pengaduan itu," katanya.

Pada bagian lain, Dirut juga melaporkan bahwa Perum LKBN ANTARA telah menyelesaikan audit keuangan oleh lembaga auditor independen dengan nilai "Wajar Dengan Pengecualian".

Adanya pengecualian itu, Dirut menjelaskan karena masih ada beberapa hal yang dikecualikan yaitu masalah investasi, piutang masa lalu dan penyertaan saham di PT AKU.

Pada bagian akhir, Dirut mengucapkan selamat berkompetisi kepada lima kandidat yang akan menjadi Ketua SPA tahun 2010-2014.

Ketua SPA Theo Yusuf mengatakan, ada tiga agenda utama musyawarah anggota SPA tahun 2010 yaitu laporan pertanggungjawaban, perubahan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga, serta pemilihan ketua SPA baru periode 2010-2014.

"Kepengurusan saya telah menghasilkan beberapa warisan yaitu Perjanjian Kerja Bersama, konsolidasi hingga keanggotaan bisa mencapai 50 persen lebih dari seluruh karyawan, dan pendaftaran organisasi ke Depnaker," katanya saat membacakan laporan pertanggungjawaban.

Seluruh peserta dengan suara bulat menerima laporan pertanggungjawaban Theo yang dianggap berhasil meretas jalan bagi keberlanjutan SPA di masa mendatang.

Sementara agenda Pemilihan Ketua SPA mulai dilaksanakan sejak pukul 13.30 WIB dan surat suara akan ditunggu sampai 15.00 WIB. Biro ANTARA di daerah mengirimkan surat suara melalui faksimile.

Ada lima kandidat Ketua SPA 2010-2014 yaitu sesuai nomor urut yaitu H Edi Hartadi S.Sos, Ervant Koemara ST, Lutfiansyah, Miskudin Taufik dan Sukiman Anwar.

(T.B013/A041/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010