TORONTO, Ontario, Kanada, 24 Juni (ANTARA/CNW-AsiaNet) -- Saat taklimat yang diselenggarakan Jumat pagi di International Media Centre G-20, Walikota Toronto David Milller menyambut media dunia di kota tersebut.

Walikota Miller berbicara mengenai banyak kekuatan Toronto sebagai pemimpin lingkungan hidup, keragaman hayati dan masyarakat yang kaya akan budaya dan sebagai kota yang aman dan sangat dapat diandalkan untuk dikunjungi, dijadikan tempat tinggal dan melakukan kegiatan usaha.

Walikota itu menyelenggatakan konferensi pers bersama dengan utusan dari Invest Toronto dan Tourism Toronto serta City Manager Toronto. Media bisa mengunjungi www.g20torontomedia.com untuk memperoleh informasi lebih lanjut mengenai kota tersebut dan G-20.

Media yang berusaha memperoleh keterangan mengenai Kota Toronto, Invest Toronto atau Tourism Toronto bisa menghubungi 416-397-0777.

Silakan temukan pernyataan Walikota Miller di bawah ini.

Walikota David Miller
Pidato kepada media G-20
24 Juni 2010, International Media Centre

Selamat pagi, semuanya dan tamu kami dari luar negeri, saya ingin menyambut anda semua di Toronto. Selamat datang di Direct Energy Centre. Instalasi khusus ini, yang dibangun melalui kemitraan tiga pemerintah, adalah contoh keberhasilan program prasarana.

Rekan-rekan saya dan saya ingin memberitahu anda sedikit mengenai kota kami yang sangat khusus ini dan mendorong anda untuk pergi ke luar dan menyaksikan sebanyak mungkin yang dapat anda lihat.

Kami telah membuat kemudahan dengan menyediakan di perangkat media anda pas transit yang akan memungkinkan anda akses penuh ke sistem angkutan umum kelas dunia kami. Sebenarnya, ada perhentian mobil di jalan tepat di belakang gedung ini untuk memudahkan anda semua.

Selama beberapa pekan belakangan menjelang konferensi G-20, saya memperoleh peluang untuk menerima puluhan teman anda dari seluruh dunia dan saya gembira dengan reaksi yang, saya di Toronto, telah terima.

Sebagian dari anda mungkin pernah berada di sini sebelumnya, banyak yang mungkin belum pernah datang ke sini. Tetapi satu hal yang saya dengar berkali-kali dari tamu kami ialah betapa beragam dan modernnya Toronto.

Dan mereka selalu mengatakan, apa rahasia anda?

Saya tak dapat secara utuh memberitahu rahasia itu tapi barangkali pagi ini dan selama tiga hari berikutnya anda akan mendengar dan melihat sendiri apa yang membuat Toronto jadi spesial dan unik.

Mereka yang tinggal di sini dan mereka yang berkunjung tampaknya sering memiliki kesimpulan yang sama karena mereka tahu kota ini makmur dan layak dijadikan tempat tinggal, yang juga adalah tempat yang luar biasa untuk melakukan usaha.

Saya ingin memanfaatkan sedikit waktu untuk menyoroti berbagai daerah yang membuat Toronto jadi pemimpin.

1) Toronto adalah kota dunia yang memiliki keragaman

Toronto adalah salah satu kota yang paling beragam dalam budaya dan ekonomi, dan memiliki etnik paling banyak di planet ini --Toronto adalah tempat tinggal manusia dari lebih 100 negara, termasuk SETIAP negara G-20.

Kami memiliki banyak permukiman yang beraneka ragam, tempat lebih dari 140 bahasa dan dialek digunakan.

Dan lebih separuh dari semua warga Toronto, termasuk Walikota, dilahirkan di luar Kanada tapi memilih Toronto sebagai tempat tinggal mereka.

Semua tamu G-20 kami akan menyaksikan sendiri cerminan di wajah warga Toronto di masyarakat kami, dan di bidang bisnis yang melayani mereka.

Bukan hanya ini menambah kekayaan budaya kota kami, tapi itu memiliki keuntungan ekonomi.

Perusahaan layanan keuangan, misalnya, yang memilih untuk menetap atau berkembang di Toronto seringkali menyatakan keragaman dan bakat tenaga kerja kami sebagai salah satu alasan mereka menetap di sini.

Keragaman kami adalah alasan penting mengapa jutaan wisatawan mengunjungi kota ini setiap tahun, dan perusahaan dari seluruh dunia memilih Toronto sebagai tempat untuk melakukan kegiatan usaha, sebagaimana anda dengar mengenai itu dari Terry dan Renato.

2) Toronto adalah kota hijau

Kebanyakan pelancong ke Toronto terpana oleh jumlah taman yang kami nikmati. Tetapi buat warga Toronto, gerakan penghijauan lebih dari sekedar lahan taman. Kota Toronto diakui di seluruh dunia sebagai pemimpin dalam layanan lingkungan hidup dan saya merasa sangat terhormat untuk memimpin Forum Lingkungan Hidup C40.

Kekuatan untuk Hidup Hijau, strategi enegi berkelanjutan Kota tersebut, didirikan melalui pelestarian yang lebih besar, sumber energi yang terbarukan, pengurangan bahan bakar fosil, dan penerapan kisi-kisi energi "cerdas".

Kekuatan untuk Hidup Hijau akan membantu kita mencapai sasaran pengurangan buangan gas rumah kaca dari tingkat 1990 sampai 2050, dan pada saat yang sama mempertahankan dapat-terjangkaunya dan keandalan energi.

Direct Energy Centre adalah contoh kemitraan bangunan hijau di kalangan semua tingkat pemerintah.

Sementara itu, Standard Pembangunan Hijau Toronto ialah mengenai perancangan berbagai tempat dan bangunan yang lebih bersahabat pada lingkungan hidup. Mewujudkan hasil Standard Hijau Toronto adalah peningkatan terukur pada kualitas air dan udara; meningkatkan energi dan efisiensi air; dan angka pengalihan limbah padat; mengurangi buangan gas rumah kaca; dan meningkatkan ekologi serta lingkungan hidup alamiah.

Dengan mensahkan prinsip berkelanjutan di setiap tingkat dan penyediaan pilihan hijau bagi semua warga Toronto --para pemimpin bisnis, pejabat terpilih, pendidik dan warga biasa-- kota ini telah menjadi contoh kepemimpinan lingkungan hidup.

Satu bagian penting strategi ekonomi, kami mempersatukan pemikiran hijau. Tahun lalu kami mengembangkan satu rencana pemasaran internasional Sektor Hijau guna membantu 1.500 kegiatan usaha hijau di Toronto menggerakkan penanam modal baru dan peluang ekspor --dan meningkatkan profil sektor hijau kami yang baru muncul di tingkat dunia.

Dan tentu saja, kami juga mendorong penggunaan angkutan umum untuk mengurangi jejak karbon kami. Pengguna angkutan umum hari ini berada pada tingkat paling tinggi di Toronto selama ini.

Rencana paling akhir kami untuk mengembangkan alat angkutan umum dan meningkatkan penggunaannya adalah Transit city, jaringan kerja 120 kilometer tram "light rail" atau ala-Eropa yang akan membawa alat angkutan transit yang lebih tinggi ke semua bagian kota, termasuk daerah permukiman paling miskin kami.

3) Toronto adalah tempat yang luar biasa untuk melakukan bisnis

Poin ketiga yang ingin saya sampaikan ialah Toronto adalah tempat yang luar biasa untuk melakukan kegaitan.

Kami semua menyadari tantangan pasa saat ekonomi sulit ini. Namun keragaman ekonomi Toronto memungkinkan kami untuk menghadapi tantangan lebih baik dibandingkan dengan banyak kota lain.

Kami memperoleh keuntungan dari persaingan global dalam sejumlah sektor industri --layanan keuangan, industri hijau, bioteknologi, rancangan, makanan dan minuman, film, pariwisata, dan layanan usaha.

Toronto adalah jantung sistem perbankan Kanada. Untuk tahun kedua berturut-turut, bank Kanada mendapat peringkat terbaik di dunia dalam hal kesehatan di dalam Global Competitiveness Report, yang disiarkan oleh World Economic Forum. Bersama dengan London, Toronto adalah pusat keuangan G8 yang tumbuh paling cepat.

Menurut penetapan peringkat FDI mengenai North American Cities of the Future, Toronto berada pada posisi lima teratas dalam hal prasarana dan potensi ekonomi.

Tak diragukan karena reputasi kami sebagai pusat usaha yang terpercaya --salah satu yang memiliki pertanggung-jawaban, transparansi, peraturan dan kegiatan bisnis yang santun-- dan itu membuat kami mendapat pujian tinggi dari para pemimpin internasional dan pernyataan tinggi sebagai pusat bisnis global.

Kami juga memperoleh keuntungan karena memiliki strategi untuk membimbing keberhasilan kami pada Abad 21. Itu disebut Agenda for Prosperity.

Agenda for Prosperity, yang dikembangkan pada 2008 melalui kemitraan dengan masyarakat akademika, tenaga kerja dan usaha, adalah peta jalan kami untuk membimbing masa depan Toronto dan wilayah sekitarnya.

Agenda for Prosperity dilandasi atas empat prinsip sederhana"
- meningkatkan iklim usaha di dalam kota (kami menyebut itu Proactive Toronto)
- meragamkan portofolio internasional kami dengan meningkatkan kegiatan ekonomi dengan berbagai kota besar di luar Amerika Utara, terutama mereka yang berada di pasar yang sedang muncul (kami menyebutnya Global Toronto)
- mendukung dan memperluas sektor industri strategis (kami menyebut itu Creative Toronto) dan
- meningkatkan tenaga kerja di Toronto sehingga semua warga memperoleh keuntungan dari peluang ekonomi (kami menyebut itu One Toronto).

4) Toronto adalah kota yang layak dijadikan tempat tinggal dengan sektor budaya yang tumbuh subur
Poin terakhir yang ingin saya sampaikan ialah Toronto adalah kota yang layak dijadikan tempat tinggal, dengan sektor budaya yang tumbuh subur.

Pelancong bisnis dan pemimpin industri menghargai kenyatakan bahwa Toronto adalah kota yang sangat aman dan layak dijadikan tempat tinggal, menjadikannya tujuan yang paling banyak dicari. Economist Intelligence Unit "Liveability Survey" Januari tahun ini menempatkan Toronto di posisi ke-4 di dunia sebagai tempat yang dapat ditinggali. Yah! saya akan menyebutnya yang pertama tapi keempat tak terlalu buruk.

Dalam satu dasawarsa belakangan, Toronto telah menjalani kebangkitan budaya yang dramatis. Tempat hiburan ballet dan opera baru telah dibangun, museum bersejarah dan galeri telah diaktifkan kembali, Toronto International Film Festival telah diberi rumah baru dan Toronto telah menambahkan tuan rumah baru bagi kegiatan festival seperti ScotiaBank Nuit Blanche.

Di dalam satu jajak pendapat global atas 60 kota besar di seluruh 40 negara, Toronto ditempat sebagai kota terbaik keempat di dunia bila orang ingin menikmati pengalaman kebudayaan, hanya berada di belakang New York, London dan Paris.

Dan saya percaya kekuatan sektor Film dan Televisi Toronto melukiskan ikatan antara kebudayaan dan ekonomi.

Volume pembuatan film di Toronto adalah yang ketiga di Amerika Utara --hanya berada di belakang Los Angeles dan New York City. Total pengeluaran sektor film dan televisi tahun lalu memberi sumbangan hampir 1 miliar dolar AS bagi ekonomi kami.

Geografi Toronto juga membuatnya jadi kota yang layak dijadikan tempat tinggal:

- jaringan jurang kami adalah unik buat Kota kami.

- Salah satu danau air tawar terbesar hanya beberapa meter dari gedung ini dan menjadi perbatasan selatan kami.

Saya juga mesti menceritakan dengan penuh hormat pantai danau kami, kami sedang melakukan pekerjaan melalui kemitraan dengan pemerintah provinsi dan deferal dalam proyek pembaruan kota terbesar di Amerika Utara dan salah satu proyek revitalisasi pantai yang paling penting di dunia.

Proyek tersebut bertotal lebih dari 800 hektare, dan meliputi penciptaan 40.000 satuan permukiman, satu juta meter persegi lahan komersial dan 300 hektare taman.

Itu semua hanya lah beberapa unsur yang membuat Toronto jadi Kota yang benar-benar spesial.

Dan saya harap anda memiliki kesempatan selama keberadaan anda untuk meluangkan waktu beberapa menit atau satu jam untuk pergi keluar dan menikmati pengalaman kota luar biasa kami.

Kami memiliki cerita luar biasa di sini dan kami siap menceritakan itu. Dan saya pikir jika anda dapat menikmati pengalaman Toronto, anda akan setuju. Terima kasih.

SUMBER: City of Toronto

KONTAK: Kevin Sack,
Director, Strategic Communications,
City of Toronto,
Office 416 397 5277,
Cell 416 919 6500,
www.toronto.ca

Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2010