Semarang (ANTARA News) - Pemegang gelar Super Champions kelas bulu WBA, Chris John, mengaku siap bertarung dengan jarak dekat maupun jauh saat melawan penantangnya, Fernando David Saucedo, di Jakarta, 26 Juli 2010.

"Saya siap bermain jarak dekat atau jauh melawan dia. Soal strategi mana yang akan dipilih, akan melihat kondisi di atas ring," kata Chris John ketika dihubungi dari Semarang, Jumat.

Menurut dia, jangkauan pukulan dirinya dengan Fernando hampir sama, demikian juga dengan tinggi badannya sehingga dirinya siap bertarung dengan jarak dekat atau jauh.

"Saya kira jangkauan pukulan dan tinggi badan saya dengan dia hampir sama," kata petinju yang memiliki rekor bertarung 43 kali menang (22 di antaranya dengan KO) dan dua kali seri.

Ia menambahkan, dirinya sudah menyiapkan strategi khusus untuk menghadapi El Vasco (panggilan Fernando David Saucedo) mengingat calon lawannya memiliki gaya bertarung "counter boxer".

Ia menjelaskan, dirinya akan mengurung lawannya di sudut ring dengan tidak memberikan kesempatan kepada yang bersangkutan untuk melancarkan pukulan. "Saya akan tekan dia di sudut ring supaya tidak punya peluang membalas pukulan saya," katanya.

Petinju dengan julukan "The Dragon" tersebut masih memiliki strategi lain untuk menghadapi lawannya. "Namanya strategi maka tidak perlu diceritakan semuanya karena akan diterapkan di atas ring," katanya.

Saat ini Chris John sudah fokus berlatih dengan "sparring partner" yaitu Ansori Adhi (Petinju Sasana Demokrat Jakarta) yang didatangkan dari Indonesia ke Australia dan Garet (petinju Sasana Herry`s Gym).

"Gaya bertarung mereka, kita bikin seolah-olah sama dengan Fernando," kata Chris John yang bersama pelatih sekaligus manajernya, Craig Christian, sudah mempelajari gaya bertarung Fernando melalui rekaman video.

Latihan yang dijalani Chris John di Sasana Herry`s Gym Perth, Australia, tinggal beberapa hari lagi dan rencananya awal Juli 2010 sudah berada di Jakarta untuk melanjutkan latihan di sini hingga pertarungan 26 Juli mendatang. (*)
(U.H015/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010