Jakarta (ANTARA) - Satria Muda Pertamina Jakarta secara tidak langsung membantu Bank BPD DIY Bima Perkasa Jogja meraih tiket playoff terakhir Liga Bola Basket Indonesia (IBL) 2021 setelah keduanya memenangi laga pemungkas fase reguler masing-masing di gelembung Robinson Resort, Bogor, Sabtu.

Hari terakhir fase reguler mempertemukan Satria Muda melawan tim debutan Bali United Basketball United.

Satria Muda menang tipis 59-54 atas Bali United disokong penampilan gemilang Laurentius Oei yang menorehkan catatan dwiganda 16 poin dan 10 rebound.

Hasil itu membuat Bali United menutup fase reguler dengan raihan hanya 25 poin saja, sekaligus membuat peluang playoff mereka berada di ujung tanduk.

Baca juga: Louvre kunci tiket playoff setelah tundukkan Patriots

Kekalahan Bali United langsung dimanfaatkan oleh Louvre Dewa United Surabaya yang di pertandingan selanjutnya mampu menundukkan Indonesia Patriots 74-68 demi mengunci satu dari dua tiket tersisa di Divisi Merah.

Jamarr Andre Johnson dan Dio Tirta Saputra sama-sama mencapai dwiganda dalam kemenangan Louvre tersebut, masing-masing melalui 29 poin dan 11 rebound serta 10 poin dan 10 rebound.

Gim ketiga seolah menjadi bocoran playoff Divisi Putih, di mana Prawira Bandung mengalahkan West Bandits Solo 69-66.

Kedua tim nantinya akan kembali bertemu di putaran pertama playoff Divisi Putih, dalam format best of three atau pemenang dua gim berhak lolos ke semifinal di mana Satria Muda sudah menanti.

Baca juga: Bima Perkasa perbesar peluang playoff usai bekuk Prawira Bandung

Pada gim pemungkas fase reguler, Bima Perkasa mampu melumat habis Pacific Caesar Surabaya 71-45, disokong 14 poin dari Restu Dwi Purnomo, dwiganda 10 poin dan 10 rebound milik Sammuel Devin Susanto serta sumbangan 10 poin dari Rachmad Febri Utomo.

Kemenangan itu membuat Bima Perkasa mampu mengumpulkan total poin akhir 25 poin atau setara dengan yang dimiliki Bali United.

Hanya saja, catatan head-to-head kedua tim memperlihatkan Bima Perkasa unggul secara akumulasi poin pertandingan setelah saling mengalahkan satu sama lain musim ini, yakni 131 berbanding 128 atas Bali.

Hal itu membuat Bima Perkasa berhak menempati posisi ketiga klasemen akhir Divisi Merah sekaligus mengunci tiket playoff terakhir, menantang Louvre di putaran pertama nanti.

Baca juga: Hasil IBL: Pelita tutup fase reguler dengan 11 kemenangan beruntun

Berikut hasil lengkap lanjutan Seri IV sekaligus hari terakhir fase reguler IBL 2021 pada Sabtu:

Bali United Basketball 55 - Satria Muda Pertamina Jakarta 59
Indonesia Patriots 68 - Louvre Dewa United Surabaya 74
West Bandits Solo 66 - Prawira Bandung 69
Bank BPD DIY Bima Perkasa Jogja 71 - Pacific Caesar Surabaya 45

Klasemen akhir fase reguler IBL 2021


Keterangan:
SF: lolos ke semifinal playoff
PO: lolos ke putaran pertama playoff
O: terhenti di fase reguler
X: tidak akan mengikuti playoff

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021