Tasikmalaya (ANTARA News) - Gempa berkekuatan 6,3 skala richter, Sabtu (26/6), merusak 50 rumah yang tersebar di beberapa kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya, Jabar.

Kepala Sub Bagian Kesra Satuan Koordinator Pelaksana Penanggulangan Bencana, Kabupaten Tasikmalaya Denden, di Tasikmalaya, Minggu, mengatakan, hingga Minggu sore laporan kerusakan akibat gempa baru terdata 50 rumah.

"Kami baru menerima laporan kerusakan akibat gempa dari beberapa kecamatan, jadi ini baru data sementara," katanya.

Rumah warga yang rusak yakni di Kecamatan Karangnunggal satu rumah rusak berat, Kecamatan Parungponteng satu rumah rusak sedang.

Kecamatan Cikatomas 13 rumah rusak ringan, dan rumah warga yang dilaporkan lebih banyak kerusakannya yakni di Kecamatan Cineam tiga rumah rusak berat, 11 rumah rusak sedang dan 21 rumah rusak ringan."Laporan hanya kerusakan saja, tidak ada korban jiwa," katanya.

Berdasarkan laporan tersebut, petugas tim Satkorlak Penanggulangan Bencana setempat, kata Denden, sejak Minggu pagi sudah meninjau lokasi.

Pihaknya sementara baru mencatat kriteria kerusakan rumah warga yang kebanyakan hanya ambruk atap dalam rumah, genting yang berjatuhan serta mengelembungnya dinding akibat diguncang gempa.

"Sementara kami hanya melakukan data kerusakan, dan masih menunggu laporan dari masing-masing kecamatan," katanya.

Dia mengatakan, data kerusakan gempa belum dapat dipastikan seluruhnya, karena petugas kecamatan belum seluruhnya melaporkan dampak kerusakan gempa.

"Mungkin besok ada laporannya, kalau sekarang kantor kecamatan tutup, Jadi belum ada laporan," katanya. (FPM/s018)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010