Tim 'trauma healing' memberikan motivasi agar para korban tidak dihantui ketakutan, kecemasan secara psikologis dengan memberikan pemulihan emosi,
Tasikmalaya, Jabar (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Tasikmalaya Kota, Jawa Barat mengirimkan tim anggota polisi yang memiliki kemampuan untuk membantu pemulihan trauma bagi korban bencana alam gempa bumi di Kabupaten Cianjur sehingga perasaan traumanya tidak berkepanjangan dan bisa beraktivitas seperti biasa.

"Tim 'trauma healing' memberikan motivasi agar para korban tidak dihantui ketakutan, kecemasan secara psikologis dengan memberikan pemulihan emosi," kata Wakil Kepala Kepolisian Resor Tasikmalaya Kota Kompol Dhoni Erwanto melalui pernyataan di Tasikmalaya, Sabtu.

Ia menjelaskan tim pemulihan trauma dari Polres Tasikmalaya Kota diterjunkan untuk memulihkan kondisi psikologis masyarakat setelah kejadian gempa yang menimpanya di Cianjur.

Tim yang bergerak ke daerah terdampak gempa itu, kata dia, sebanyak 9 personel, terdiri atas empat Polwan, dua polisi lelaki, dan tiga personel dokter kesehatan yang siap memberikan motivasi kepada korban bencana gempa.

Ia berharap seluruh tim dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, tetap sehat, dan memiliki tanggung jawab, terutama ikhlas untuk kemanusiaan yang akhirnya bisa membantu memulihkan kondisi psikologis masyarakat.

"Kita mendoakan semoga saudara-saudara kita yang mendapatkan musibah selalu diberikan kekuatan, kesabaran, dan ketabahan," katanya.

Penjabat Sementara Kepala Seksi Humas Polres Tasikmalaya Kota Ipda Jajang Kurniawan menambahkan, kehadiran tim pemulihan trauma itu merupakan bantuan kemanusiaan bagi korban gempa yang dilakukan secara bergantian setiap tiga hari sekali.

Kehadiran mereka, kata dia, telah memberikan kegembiraan dan membuat suasana ceria, terutama bagi kalangan anak-anak, sehingga tidak terus sedih dengan peristiwa bencana itu.

Selain bantuan pemulihan trauma, kata dia, jajarannya juga menyalurkan bantuan pangan untuk membantu meringankan beban kebutuhan masyarakat selama penanggulangan bencana gempa.

"Tim trauma healing selain memberikan pemulihan psikologis dan edukasi, namun menyalurkan bantuan makanan," demikian Jajang Kurniawan.

Baca juga: TNI AL bantu pendampingan trauma "healing" korban gempa Cianjur

Baca juga: Disdikpora Cianjur: Trauma healing sangat dibutuhkan siswa pascagempa

Baca juga: Kemenag terjunkan tim pemulihan trauma bagi korban gempa Cianjur

Baca juga: Pemprov Jabar beri penyembuhan trauma pelajar terdampak gempa Cianjur

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022