Tasikmalaya (ANTARA) - Aparatur Pemerintah Kota Tasikmalaya, Jawa Barat bersama kepolisian dan dinas terkait mengecek langsung kelayakan bus angkutan Hari Raya Lebaran Idul Fitri 1444 H  dan memastikan semua kendaraan dalam kondisi layak jalan dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman bagi penumpang di Terminal Tipe A Indihiang, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Kamis.

"Kita pantau terus insya Allah baik-baik saja," kata Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah saat meninjau langsung kondisi Terminal Indihiang sebagai terminal yang ramai keluar masuk bus antar provinsi.

Ia menyampaikan Pemkot Tasikmalaya bersama instansi lainnya telah melakukan persiapan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat agar nyaman dan aman saat momentum arus mudik maupun balik di Hari Raya Lebaran.

"Kita harus lebih siap dari tahun-tahun sebelumnya, jumlahnya akan meningkat cukup banyak," katanya.

Upaya yang dilakukan Pemkot Tasikmalaya, kata dia, ada tiga pengecekan yakni kondisi kelayakan bus meliputi pemeriksaan fungsi pengereman, kemudi, dan sebagainya, selanjutnya pengecekan kondisi kesehatan sopir bus.

Cheka menyampaikan hasil pemeriksaan kondisi bus ditemukan bus yang ditunda pemberangkatannya kemudian diminta untuk diganti dengan bus yang lebih layak agar perjalanannya lancar, aman, dan selamat.

"Tadi ada ditunda pemberangkatan dan harus diganti armada," katanya.

Ia menambahkan petugas juga melakukan pengecekan terhadap sopir untuk mengetahui ketergantungan narkoba atau tidak dengan melakukan tes urine, dan hasilnya semua negatif narkoba maupun zat berbahaya lainnya.

"Tes urine juga sudah dilakukan, sampai saat ini belum ditemukan, semuanya negatif," katanya.

Kepala Kepolisian Resor Tasikmalaya Kota AKBP SY Zainal Abidin menambahkan, pengecekan kondisi kelayakan kendaraan umum dilakukan untuk seluruh jenis angkutan yakni antar kota antar provinsi, antar kota dalam provinsi, maupun jenis mikro bus atau elf.

"Para penguji dari Dishub tadi telah melakukan pengujian terhadap fisik kendaraan, sampai saat ini kendaraan dinyatakan siap semua," katanya.

Ia menyampaikan pemeriksaan juga bukan hanya kelayakan fisik armada, melainkan semua surat-surat kendaraan, termasuk KIR diperiksa, dan juga diperiksa kesehatan pengemudinya.

Pemeriksaan secara intensif itu, kata dia, bertujuan untuk memastikan kesiapan dari angkutan umum pada musim arus mudik dan balik Lebaran di Kota Tasikmalaya sehingga bisa terhindar dari kecelakaan lalu lintas.

"Kita sebentar lagi akan menghadapi mudik Lebaran sehingga persiapan mudik ini harus kita lakukan sedari sekarang," katanya.

 

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Maswandi
Copyright © ANTARA 2023