DKI fasilitasi vaksin bagi pendamping dua lansia yang ikut vaksinasi

DKI fasilitasi vaksin bagi pendamping dua lansia yang ikut vaksinasi

Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi lansia di SMA 113, Cipayung, Jakarta Timur. ANTARA/Yogi Rachman

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memfasilitasi vaksinasi bagi warga yang mengantar dan mendampingi dua lansia untuk divaksin COVID-19.

"Ini sebagai upaya memudahkan akses vaksinasi bagi seluruh masyarakat baik lansia atau non lansia serta komitmen pemerintah dalam upaya meningkatkan kekebalan komunitas (herd immunity) di masa pandemi," kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti di Jakarta, Senin.

Widyastuti menjelaskan fasilitas tersebut diberikan bagi masyarakat non lansia berusia 18-59 tahun yang mendampingi dua lansia untuk didaftarkan vaksinasi suntik pertama. Pendamping dan pendamping tersebut juga akan mendapatkan akses vaksin.

Program ini dilakukan agar target vaksinasi lansia lekas terpenuhi. Hingga 11 April 2021, vaksinasi dosis pertama telah dilakukan kepada 526.687 lansia (57,8 persen) dan vaksinasi dosis kedua mencakup 173.234 lansia (19,0 persen), dengan target vaksinasi sebanyak 911.631 lansia.

"Ini diharapkan dapat memudahkan lansia selama proses vaksinasi. Karena daftarnya lewat daring, lansia itu pasti butuh pendamping untuk membantu teknis pelaksanaannya," katanya.

Selain itu, pihaknya juga terus berupaya untuk mempercepat target terpenuhinya vaksinasi untuk lansia.

Baca juga: DKI Jakarta siapkan sentra vaksinasi COVID-19 sampai tingkat kelurahan
Baca juga: Vaksinasi untuk pekerja hotel dan restoran masih jauh dari harapan
Sejumlah warga lanjut usia (lansia) menumpang kendaraan dinas operasional Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jakarta Utara saat mengikuti vaksinasi COVID-19 pada Kamis (18/3/2021). (ANTARA/HO-Kominfotik Jakarta Utara)
Menurut Widyastuti, bagi masyarakat yang akan melakukan vaksinasi dapat mendaftarkan diri secara daring melalui tautan dki.kemenkes.go.id. Untuk yang ber-KTP DKI Jakarta bisa langsung datang dan mendaftarkan diri ke seluruh fasilitas kesehatan yang ada di Jakarta.

Sedangkan bagi masyarakat ber-KTP di luar Jakarta, dapat mendatangi lokasi vaksinasi di Istora dan Tennis Indoor di Senayan.

Pelayanan vaksinasi di Jakarta, antara lain, di Istana Presiden, Balai Kota Provinsi DKI Jakarta, kantor wali kota, kantor kecamatan, kantor kelurahan, DPR/DPRD, RPTRA, mall, pasar, hotel, wisma, taman, RSU swasta/vertikal serta RS TNI/Polri

Selain itu RSUD, RS khusus, klinik, Puskesmas Kecamatan dan Kelurahan, Puskesmas Keliling, sekolah (TK-SMA), Istora/GOR, Gedung Perkantoran Swasta/BUMN dan "drive thru".

Pemprov DKI Jakarta telah menyediakan fasilitas transportasi antar-jemput bagi warga lansia, berupa bus sekolah dan TransJakarta untuk sejumlah wilayah yang membutuhkan karena lokasi vaksinasi yang cukup jauh.

Meski telah divaksin, masyarakat diimbau untuk tetap menjalankan protokol kesehatan ketat, yaitu memakai masker, rutin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir atau membersihkan tangan dengan "hand sanitizer", menjaga jarak, mengurangi mobilitas dan menghindari kerumunan.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Jejak penawar Corona masuk ke Indonesia - Bagian 3

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar