London (ANTARA News) - Seorang mahasiswa Indonesia, Hery Kurniawan, yang kuliah di Northumbria University, Newcastle, hilang terbawa ombak ketika berwisata di pantai Fistral Beach, Newquay, Cornwall, UK, pada 27 Juni.

"Sampai saat ini Hery Kurniawan, masih belum ditemukan," ujar Sekretaris Tiga KBRI London Billy Wibisono dalam keterangan kepada koresponden ANTARA News London, Rabu.

Menurut Billy, Hery Kurniawan bersama rombongan mahasiswa Indonesia dari Newcastle yang berjumlah sekitar 10 orang tengah berwisata ketika musibah tersebut melanda.

Seorang mahasiswi Indonesia lainnya, Jennifer, sempat terbawa ombak namun dapat tertolong oleh penjaga pantai (life guard) yang bertugas di pantai Fistral saat itu.

Cuaca yang kurang baik serta ombak yang cukup tinggi pada saat kejadian merupakan beberapa hal yang tidak terduga di Pantai Fistral yang biasanya dianggap cukup aman oleh pihak berwenang setempat.

Saat kejadian, cukup banyak terdapat wisatawan lainnya yang berada di lokasi yaitu sekitar 2000 orang.

KBRI London bekerja sama dan berkoordinasi erat dengan berbagai pihak terkait, antara lain pihak Kepolisian Cornwall dan juga pihak Coast Guard, terus memantau keadaan terkini dan upaya SAR bagi Hery.

Billy juga mengatakan KBRI London mengirimkan petugas konsuler yang akan melanjutkan koordinasi serta bantuan dengan berbagai pihak berwenang di Cornwall untuk upaya SAR.

Menurut Billy Wibisono , selama dua hari terakhir pihak berwenang di Cornwall telah mengerahkan antara lain satu buah helikopter, 12 kapal SAR Coast Guard, sejumlah polisi patroli pantai serta kapal-kapal nelayan setempat untuk upaya pencarian Hery.

Usaha pencarian masih terus dilakukan oleh pihak berwenang di Cornwall melalui patroli-patroli reguler baik dari Coast Guard maupun dari pihak kepolisian setempat.

Counsellor Pensosbud KBRI London Herry Sudradjat , secara terpisah mengatakan bahwa KBRI telah mengirim staf menuju Cornwall untuk menemui aparat kepolisian dan Coast Guard di Cornwall untuk melakukan koordinasi.

Staf tersebut menemui Jennifer, teman korban yang selamat dan dirawat di rumah sakit Cornwall untuk memberikan bantuan yang diperlukan. Saat ini kondisi korban telah sehat setelah dirawat selama beberapa waktu di rumah sakit, demikian Herry Sudradjat . (ZG/A038)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010