Bandung (ANTARA News) - Pembalap nasional spesialis sepeda gunung dan BMX, Risa Suseanti, sukses meraih medali emas balap sepeda BMX putri Porda Jabar XI/ 2010 di kompleks Velodrom Munaip Saleh Kota Cimahi, Senin.

Pembalap yang turun berbendera Kabupaten Bogor itu tampil mendominasi mengalahkan Intan Riska (Purwakarta) dan Sansan Niki (Ciamis) yang terpaksa harus puas berbagi perak dan perunggu Porda XI.

Dominasi Risa Suseanti sebenarnya sudah diprediksi sejak awal, bahkan ia juga digadangkan bakal mendominasi untuk nomor sepeda gunung khususnya nomor down hill yang menjadi spesialisasinya.

Andalan Kabupaten Bogor itu tak terbendung sejak babak awal, kayuhannya terlalu kuat dan bertenaga bagi empat rivalnya yang berlaga di partai final.

Dominasi Kabupaten Bogor berlanjut di bagian putra. Afrizal sukses meraih medali emas setelah menyisihkan 22 pembalap kelas BMX lainnya yang mengepungnya pada hari pertama gelaran cabang balap sepeda di ajang Porda itu.

Medali perak dan perunggu diraih oleh Ade Wahyu (Kota Banjar) dan Chandra Purnawaman (Kabupaten Bogor).

Sementara itu delapan medali emas akan diperebutkan pada hari kedua balapan di lintasan trek Velodrom Munaip Saleh.

Nomor yang akan memperebutkan medali emas pada Selasa besok adalah nomor ITT 500 meter putri dan putra, individual persuit (IP) 300 meter putri dan IP 4000 meter putra, stratch race putra dan putri serta nomor point race putra dan putri.

Persaingan pada nomor balap sepeda akan terjadi antara atlet Kota Bandung, Ciamis, Purwakarta dan Kabupaten Bogor.

(S033/R010/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010