Kiat latihan STRONG Nation selama Ramadhan

Kiat latihan STRONG Nation selama Ramadhan

Ilustrasi orang-orang yang mengikuti kelas STRONG Nation ™ (ANTARA/HO)

Jakarta (ANTARA) - Anda yang memilih latihan STRONG Nation™ selama berpuasa bisa menyisihkan waktu selama 10 menit setiap hari untuk melakukannya demi tetap sehat, menurut penyanyi, aktor sekaligus instruktur STRONG Nation™ berlisensi Marcell Siahaan.

Duta merek untuk program latihan HIIT itu menuturkan, hal ini juga berlaku bagi para pemula atau mereka yang awalnya tidak rutin berolahraga namun ingin mengambil langkah ekstra untuk merasa sehat dan bugar selama bulan puasa.

"Bagi mereka yang baru mulai mengikuti kelas STRONG Nation™ atau siapa pun yang tidak rutin berolahraga namun ingin mengambil langkah ekstra untuk merasa sehat dan bugar selama bulan puasa, Anda dapat melakukan latihan STRONG Nation™ selama 10 menit setiap hari yang tersedia secara online. Selama Anda memiliki kemauan untuk melakukannya, Anda tidak akan merasa terpaksa karena Anda akan termotivasi dengan musik yang dirancang khusus untuk menyelaraskan setiap gerakan secara sempurna," tutur dia dalam siaran persnya, Jumat.

Baca juga: Kiat jaga motivasi untuk berolaraga ala Cut Memey

Marcell mendorong orang-orang termasuk para muridnya tetap menerapkan gaya hidup sehat dengan rutinitas olahraga yang teratur selama bulan puasa karena bermanfaat bagi tubuh dan pikiran mereka. Mereka bisa melakukannya latihan semisal STRONG Nation dengan menurunkan intensitas sebesar satu atau dua tingkat, tapi jangan berhenti secara total.

Hal senada diungkapkan sesama instruktur STRONG Nation™, Cut Memey. Anda bisa memilih waktu sebelum Anda berbuka puasa pada saat maghrib.

"Anda mungkin merasa sedikit lemas karena tidak mengonsumsi apapun sepanjang hari, tetapi biarkan musik yang menyemangati Anda, dan setelahnya Anda dapat menikmati berbuka puasa," kata dia.

Pilihan lainnya, satu jam setelah sahur sebelum Anda memulai puasa. Ingatlah untuk memberikan jeda waktu dan membuat diri Anda tetap terhidrasi dengan baik sebelum memulai latihan 10 menit.

"Jika Anda merasa percaya diri, lakukan dua kali sehari di jam-jam yang disarankan. Tetapi, jika Anda ingin mengikuti kelas STRONG Nation™ yang berdurasi 30 atau 60 menit, satu jam setelah berbuka puasa merupakan waktu yang tepat," saran Cut Memey.

Master Trainer STRONG Nation™, Umar Syarief mengatakan, ada tiga level latihan yang bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan kemampuan Anda. Pertama, Low yang dimodifikasi dengan gerakan pengaruh rendah bagi mereka yang baru memulai.

Berikutnya, Base untuk melepaskan kekuatan Anda dengan gerakan yang menjadi dasar program. Lalu Max, yang mendorong Anda untuk memberikan tantangan menyeluruh pada tubuh Anda.

Selain latihan, menurut Umar, Anda juga perlu menjaga pola makan yang sehat selama bulan puasa. Dia menyoroti, mayoritas orang mengonsumsi makanan manis dan berlemak dengan porsi berlebih pada saat sahur dan buka puasa.

"Saya sarankan untuk mengatur porsi makanan Anda, tetap makan karbohidrat seperti nasi jika memang harus, tetapi lebih banyak sayur dan buah yang kaya serat, dan protein seperti daging. Kurma seperti yang kita tahu adalah sumber gula alami yang bagus," demikian pesan Umar.

Baca juga: Wujud cinta Indonesia dari jauh ala Umar Syarief

Baca juga: Pilihan olahraga agar tubuh sehat hingga usia 75 tahun dan seterusnya

Baca juga: Cut Memey galang dana untuk perempuan korban pelecehan

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar