Gresik (ANTARA News) -Tumpahan ribuan liter solar produk PT Gresik Distribution Terminal (GDT) di Kawasan Industri Maspion (KIM), Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik, Jawa Timur diduga mencemari laut.

"Menurut laporan masyarakat solar yang tumpah meluber dan mencemari laut," kata anggota Komisi C DPRD Gresik, Mujid Ridwan, Selasa

Ia menegaskan, Komisi C akan segera mencek ke lapangan untuk memastikan laporan warga Desa Manyar itu, karena masyarakat mengaku khawatir hasil tangkapan ikannya tercemar seperti pernah terjadi beberapa tahun lalu

"Yang pasti minggu ini kami akan turun langsung. Komisi C hanya ingin menyelamatkan ikan yang menjadi penghidupan masyarakat Manyar," tandasnya.

Jika terbukit melanggar, imbuh Mujid, DPRD akan memanggil manajemen perusahaan untuk dipertemukan dengan warga yang dirugikan.

"Kalau memang terbukti ada pencemaran perusahaan harus bertanggungjawab. Makanya nanti bisa kita lakukan rencana dengar pendapat untuk melakukan evaluasi perusahaan yang bersangkutan," ujarnya

Sementara manajemen GDT memperkirakan tumpahan solar karena sait glass (gelas intip) pecah akibat pemuaian produk sehingga terjadi ekspansi yang mengakibatkan sait glass pecah dan solar tumpah.

"Ini masih baru kemungkinan-kemungkinan, dan ini hanya kerusakan lokal," kata Terminal Manager perusahaan itu, Helmi Sainta, Selasa.(*)

ANT/S006/AR09

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010