Jakarta (ANTARA) - Ratu Elizabeth akan mengucapkan salam perpisahan yang terakhir kalinya kepada Pangeran Philip, suaminya selama lebih dari tujuh dekade, pada upacara pemakaman, Sabtu, di mana Inggris berkabung atas kepergian tokoh penting dalam monarki Inggris.

Meski upacara tersebut mencakup sebagian ritual kemegahan tradisional dari acara kerajaan yang signifikan, hanya akan ada 30 pelayat di dalam Kapel St George di Kastil Windsor untuk upacara pemakaman karena pembatasan COVID-19.

Baca juga: Pangeran Harry jadi pusat perhatian di pemakaman kakeknya

Tidak akan ada prosesi publik, semua pelayat akan memakai masker, dan ratu, yang mengatakan kematian itu membuat "kehampaan yang besar", akan duduk sendirian.

"Dia adalah ratu, dia akan berperilaku dengan martabat luar biasa dan keberanian luar biasa yang selalu dia lakukan. Dan pada saat yang sama, dia mengucapkan selamat tinggal kepada seseorang yang telah dinikahinya selama 73 tahun," kata Justin Welby, Uskup Agung Canterbury, dikutip dari Reuters, Sabtu.

Dia mengatakan, dia berharap pemakaman itu beresonansi dengan jutaan orang di seluruh dunia yang telah kehilangan orang yang dicintai selama pandemi.

"Saya pikir akan ada air mata di banyak rumah karena nama lain akan ada di pikiran mereka, wajah yang hilang yang tidak dapat mereka lihat lagi, pemakaman yang tidak dapat mereka hadiri karena banyak yang belum dapat pergi ke sini. satu karena dibatasi hanya 30 orang, ”ujarnya. "Itu akan membuat banyak orang bersedih."

Dia meminta masyarakat Inggris untuk mendoakan anggota kerajaan itu.

Philip, Duke of Edinburgh, yang telah berada di sisi istrinya selama 69 tahun pemerintahannya, meninggal dengan damai pada usia 99 minggu lalu di kastil tempat pasangan kerajaan itu tinggal selama pembatasan wilayah baru-baru ini.

Seorang veteran Angkatan Laut Kerajaan Perang Dunia II yang dihormati, pemakamannya, sebagian besar direncanakan dengan sangat teliti oleh Philip sendiri, memiliki nuansa militer yang kuat, di mana anggota dari seluruh angkatan bersenjata memainkan peran penting.

Para pelayat dibatasi untuk anggota keluarga kerajaan dan keluarga Philip, tanpa tempat untuk tokoh politik seperti Perdana Menteri Boris Johnson, yang akan menonton acara tersebut di televisi yang disiarkan secara langsung.

Seluruh acara akan diadakan di dalam tembok Kastil Windsor dan publik telah diminta untuk tidak berkumpul di luar atau di kediaman kerajaan lainnya untuk menunjukkan rasa hormat mereka.


Baca juga: Kerajaan Inggris sediakan buku online ucapan duka Pangeran Philip

Baca juga: Inggris berduka untuk Pangeran Philip, warga diminta tidak berkerumun

Baca juga: Duka Orlando Bloom hingga David Beckham atas wafatnya Pangeran Philip

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021