London (ANTARA News) - Menggunakan kereta berkuda, Dubes RI untuk Kerajaan Spanyol Adiyatwidi Adiwoso, menyerahkan surat kepercayaannya kepada Raja Juan Carlos I bertempat di Istana Palacio Real, Madrid, Spanyol pada Senin(5/7).

Tradisi mengenakan kereta kuda tersebut merupakan suatu bentuk penghormatan Kerajaan Spanyol menyambut duta besar negara sahabat yang menyerahkan surat kepercayaannya, ujar Sekretaris Tiga KBRI Madrid, Krisnawati Desi Purnawestri kepada koresponden Antara London, Rabu.

Krisnawati Desi Purnawestri menjelaskan iring-iringan kereta kuda tersebut melewati beberapa tempat bersejarah di pusat kota, di antaranya adalah Plaza Mayor dan Gedung Walikota Madrid.

Setibanya di pintu gerbang Istana Palacio Real dan melintasi Plaza Armenia, pasukan kerajaan Spanyol memainkan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Prosesi jalannya rangkaian upacara penyerahan surat kepercayaan tersebut dilakukan dengan acara tradisi kerajaan yang sudah berlangsung sekitar 200 tahun dengan menggunakan kereta kuda dan dikawal 36 pasukan pengawal kerajaan berkuda.

Dengan didampingi empat pejabat KBRI Madrid, kemudian wanita diplomat yang menjadi Dubes RI itu dijemput petugas protokol Kemlu Spanyol menuju gedung protokol Kemlu Spanyol di Plaza Independencia untuk dilakukan pengambilan gambar secara individual dan secara bersama dengan pejabat Kemlu Spanyol.

Dengan diserahkannya surat kepercayaan/ kredential tersebut, maka Dubes Adiyatwidi Adiwoso yang tiba di Spanyol sejak tiga bulan lalu dapat menghadiri kegiatan yang melibatkan keluarga kerajaan, ujar Krisnawati .

Menurut Krisnawati Desi Purnawestri, penyerahan surat kepercayaan tersebut sebelumnya dijadwalkan 13 Mei , namun karena Raja Spanyol mendadak harus menjalani operasi paru-paru maka penyerahan surat kepercayaan baru dapat terlaksana Senin.

Sesuai tradisi kerajaan Spanyol, acara penyerahan surat kepercayaan dilakukan bersama dengan duta besar lainnya yang diakreditasikan pada Kerajaan Spanyol , maksimum enam orang, yang ketibaannya di Spanyol berdekatan waktunya.

Selain Dubes RI, pada hari yang sama penyerahan surat kepercayaan kepada Raja Spanyol juga dilakukan dubes San Marino, Vietnam, Chile, Iran dan Samoa.

Dubes didampingi empat pejabat KBRI Madrid yaitu Minister Counsellor/Head of Chancery, O`Conroy Doloksaribu dan Minister Counsellor Fungsi Ekonomi, Musthofa Taufik Abdul Latif , Sekretaris I Fungsi Konsuler & Protokol, Yoshi Iskandar, dan Atase Pertahanan, Kolonel CAJ, Erry Herman .

Dari gedung protokol Kemlu, prosesi penjemputan dubes RI oleh pasukan pengawal berkuda dimulai. Komandan pasukan berkuda memberikan penghormatan sebelum Dubes menaiki kereta kudanya didampingi pejabat protokol Kemlu Spanyol.

Setelah menunggu di ruang tunggu Sala Artachamber, tepat pada pukul 12.15 Dubes RI memasuki ruangan tempat Raja Juan Carlos I yang didampingi Wakil Menlu, Maria Jesus Figa Lopez Palop, serta pejabat militer dan rumah tangga istana Kerajaan Spanyol, menerima penyerahan surat kepercayaan Dubes itu.
(U-ZG/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010