Tinju

Nama Albert Papilaya diusulkan jadi nama sasana atau jalan

Nama Albert Papilaya diusulkan jadi nama sasana atau jalan

Ilustrasi pertandingan tinju di Ternate. (Abdul Fatah)

Ternate (ANTARA) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Ternate mengusulkan mendiang Albert Papilaya dijadikan nama sasana tinju atau nama jalan sebagai bentuk penghargaannya atas prestasi untuk Indonesia melalui cabang olahraga tinju.

"Kami akan mengusulkan agar nama Albert Papilaya dapat abadikan sebagai nama sasana maupun jalan khususnya di kawasan Sangaji Kota Ternate," kata Ketua KONI Kota Ternate Lukman Polii di Ternate, Minggu.

Menurut dia, penggunaan nama Albert Papilaya untuk sasana tinju maupun nama jalan di kawasan Sangaji memang layak mengingat petinju kelahiran
​​​​​Tobelo, Maluku Utara, 15 September 1967 itu layak untuk mendapatkannya mengingat prestasi yang telah torehkan baik level nasional dan internasional.

Selama menekuni cabang olahraga tinju, legenda tinju amatir Indonesia mengoleksi empat medali emas di PON, tujuh medali emas SEA Games dan juga meraih prestasi di Piala Presiden.

Baca juga: Petinju Indonesia perempatfinalis Olimpiade Barcelona meninggal dunia
Baca juga: Masyarakat Malut berduka atas meninggalnya petinju Albert Papilaya


Lukman menjelaskan, penggunaan nama-nama atlet berprestasi sangat beralasan, seperti lapangan bulu tangkis Rexy Mainaky di Kalumpang Kota Ternate, karena prestasinya membanggakan bangsa dan negara.

"Ini adalah simbol sebuah penghargaan bagi Albert Papilaya," kata Lukman menegaskan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Ternate, Sutopo Abdullah menyatakan Pemerintah Daerah dan masyarakat Maluku Utara merasa kehilangan atas meninggalnya petinju Albert Papilaya, Minggu pukul 00.45 WIB atau 02.45 WIT setelah sebelumnya menjalani perawatan intensif di IGD RSUD Dr H Chasan Boesoerie Ternate.

"Masyarakat dan pemerintah daerah merasa kehilangan dengan meninggalnya petinju legendaris Albert Papilaya dan tentunya almarhum merupakan simbol atlet asal Maluku Utara yang berprestasi hingga tingkat internasional," katanya.

Menurut dia, sosok mendiang Albert Papilaya sangat peduli terhadap prestasi olahraga tinju khususnya Ternate dan Maluku Utara.

"Dimana, setiap kali dalam kesempatan saya membawa atlet tinju asal Maluku Utara yang akan berlaga di Jakarta, Albert Papilaya selalu hadir memberikan support dan memberikan dukungan secara finansial kepada atlet-atlet asal Ternate ketika di Jakarta," pungkas Sutopo Abdullah.

Baca juga: Polda Malut berbelasungkawa atas meninggalnya petinju Albert Papilaya
Baca juga: Ketua Umum Pertina harapkan Bali jaring bibit atlet tinju sebanyaknya

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Polda Kalteng apresiasi juara tinju WBC International

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar