Solo (ANTARA News) - Menteri Kehutanan Zulkifli Hassan memperoleh gelar kebangsawanan dari Keraton Kasunanan Surakarta di Kota Solo, Jawa Tengah, Kamis.

Gelar Kanjeng Pangeran Zulkifli Hasan Noto Wononagoro diberikan secara langsung oleh Sultan Pakoe Boewono XIII Hangabehi di keraton tersebut.

Selain Menteri Kehutanan Zulkifli Hassan, ada 183 orang lainnya yang mendapat gelar kebangsawanan dari Keraton Kasunanan Surakarta dalam rangka Tingalandalem Jumenengan Pakoe Boewono XIII.

Pemberian gelar kepada 183 orang lainnya telah dilakukan sehari sebelumnya, di antaranya diberikan kepada pengusaha dan budayawan kondang Jaya Suprana yang mendapat gelar Kanjeng Pangeran Doktor Jaya Suprana dan artis Julia Perez yang bergelar Nimas Ayu Tumenggung Juli Rahmawati.

"Pemberian gelar kebangsawanan tersebut sebagai apresiasi Keraton Surakarta terhadap orang-orang yang telah berjasa dalam melestarikan budaya Jawa maupun budaya Indonesia," kata Pengageng III Museum Keraton Kasunanan Surakarta KRMH Satryo Hadinagoro.

Selain tokoh-tokoh dalam negeri, pada 2010 ini Keraton Surakarta juga memberikan gelar kepada tokoh-tokoh di luar negeri seperti janda Perdana Menteri Malaysia, Ketua Menteri Negara Bagian Serawak Malaysia, tokoh spiritual Jepang, dan beberapa tokoh luar negeri lainnya.

"Pemberian gelar kepada tokoh-tokoh luar negeri juga menunjukkan bahwa keraton ini juga memiliki apresiasi pada pelestarian budaya yang di lakukan di negara-negara lain," kata Satryo.

Sementara itu, pada Kamis (8/7) Keraton Kasunanan Surakarta melaksanakan upacara Tingalan Jumenengan keenam Pakoe Boewono (PB) XIII.

"Upacara ini dilakukan sebagai peringatan ulang tahun kenaikan tahta (jumenengan) Paku Buwono XIII Hangabehi yang keenam," kata KRMH Satryo Hadinagoro.
(pso-062/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010