Menteri PPN: Pembangunan infrastruktur Baluran prioritas nasional

Menteri PPN: Pembangunan infrastruktur Baluran prioritas nasional

Bupati Situbondo Karna Suswandi (kanan) kenalkan Udeng Jhengger kepada Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, usai meluncurkan Golden Wood Coffee di Pendopo Kabupaten Situbondo, Minggu (18/4/2021). ANTARA/Novi Husdinariyanto/aa.

Surabaya (ANTARA) - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengemukakan bahwa pembangunan infrastruktur sejumlah tujuan wisata pantai di kawasan Taman Nasional Baluran Situbondo, Jawa Timur, sudah masuk prioritas nasional.

"Pembangunan infrastruktur tujuan wisata Merak-Baluran masuk prioritas nasional. Yang penting daerah menjaganya dengan baik, karena ujung tombaknya pemerintah daerah," ujar dia saat kunjungan kerja di Situbondo, Ahad (18/4).

Pemkab Situbondo telah mengusulkan pembukaan akses ke sejumlah objek wisata pantai di kawasan taman nasional itu, di antaranya Pantai Merak Baluran, Pantai Sijile, Pantai Lempuyang, Batu Hitam dan beberapa wisata pantai lainnya yang lokasinya masih dalam satu kawasan.

Pembangunan infrastruktur di kawasan Merak-Baluran diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan sehingga ekonomi di Situbondo bisa terus tumbuh.

Baca juga: Pemkab Situbondo-TN Baluran kerja sama buka akses objek wisata
Baca juga: Pemkab Situbondo sediakan tempat istirahat di Baluran


Sementara itu, Bupati Situbondo Karna Suswandi optimistis kawasan Merak-Baluran bisa menjadi destinasi wisata utama di Situbondo serta dapat bisa menjadi daya ungkit pertumbuhan ekonomi.

"Keindahan alam lautnya melebihi wisata di Bali. Harapannya wisatawan di Bali juga mau berkunjung ke Merak-Baluran. Apalagi lokasinya dekat dengan Pelabuhan Ketapang Banyuwangi," katanya.

Bung Karna, sapaan akrab bupati, menyebutkan sekitar 17 kilometer jalan belum diaspal di Kawasan Merak-Baluran. Selain itu juga terdapat delapan destinasi wisata dan sekitar seribu penduduk yang tinggal di Dusun Merak, Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih itu.

"Kami telah melakukan MoU dengan Kementerian LHK mengenai pembangunan jalan dan listrik ke Dusun Merak. Salah satu tujuannya membuat penduduk di Merak merasa nyaman dan aman. Begitu juga dengan wisatawan," tuturnya.

Pewarta: Fiqih Arfani/Novi Husdinariyanto
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar