13.815 lansia di Babel terima vaksinasi COVID-19

13.815 lansia di Babel terima vaksinasi COVID-19

Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan sebanyak 13.815 dari 79.288 masyarakat lanjut usia (lansia) telah menerima vaksin COVID-19, guna mencegah dan memutus mata rantai penularan virus corona ini. ​​​​​​ (ANTARA/Aprionis)

Pangkalpinang (ANTARA) - Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan sebanyak 13.815 dari 79.288 masyarakat lanjut usia (lansia) telah menerima vaksin COVID-19, guna mencegah dan memutus mata rantai penularan virus corona ini.

"Selama puasa Ramadhan ini, kita terus menggencarkan vaksinasi COVID-19 massal ke masyarakat, khususnya lansia," kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Babel, Andi Budi Prayitno di Pangkalpinang, Senin.

Ia mengatakan program vaksinasi COVID-19 massal tahap satu dan kedua hingga Ahad malam kepada lansia sudah mencapai 13.815 orang dengan rincian realisasi vaksinasi tahap pertama 1.949 orang dan tahap dua 2.866 orang lansia tersebar di Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, Bangka Barat,Bangka Tengah, Bangka Selatan, Belitung dan Belitung Timur.

"Kita terus berupaya meningkatkan partisipasi lansia melalui sosialisasi ke rumah-rumah ibadah, tokoh agama, adat dan kegiatan-kegiatan sosial lainnya kepada masyarakat lansia ini," katanya.

Baca juga: Bertambah 22, pasien isolasi COVID-19 di Bangka Barat naik 165 orang

Baca juga: Jelang puasa, positif COVID-19 di Bangka Barat naik menjadi 602 kasus


Menurut dia, berdasarkan evaluasi yang dilakukan, Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menilai realisasi vaksinasi Covid-19 masih tergolong masih rendah terutama pada tahap pertama yang menyasar SDM kesehatan dan pejabat publik serta pada tahap kedua yang menyasar petugas pelayanan publik dan masyarakat lanjut usia.

"Vaksinasi Covid-19 perlu dilakukan akselerasi agar herd immunity semakin cepat terbangun sehingga bisa memutus mata rantai penyebaran dan penularan Covid-19," katanya.

Oleh karena itu, kata dia, Gubernur Kepulauan Babel, Erzaldi Rosman Djohan selaku Ketua Satgas telah membentuk Tim Percepatan Vaksinasi Covid-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Kami mendukung penuh kebijakan pemerintah provinsi membentuk tim percepatan vaksinasi ini, agar upaya dalam mencegah dan memutus mata rantai penyebaran virus corona ini dapat berjalan dengan baik," katanya.*

Baca juga: Gubernur Babel pantau vaksinasi COVID-19 tokoh agama jelang Ramadhan

Baca juga: Ruang isolasi di lima wisma karantina COVID-19 di Babel penuh

Pewarta: Aprionis
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Waspada COVID-19, akses menuju Simpang Lima Semarang ditutup

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar