China rencanakan pusat superkomputer senilai 3 miliar dollar AS

China rencanakan pusat superkomputer senilai 3 miliar dollar AS

Ilustrasi - Seorang peretas sedang menggunakan perangkat komputer dan jaringan. ANTARA/Shutterstock/am.

Jakarta (ANTARA) - Pangkalan luar angkasa yang terletak di Wenchang, sebelah selatan China, akan membangun pusat superkomputer senilai 3 miliar dollar AS pada akhir tahun untuk menganalisis data yang diperoleh dari luar angkasa, menurut media pemerintah pada hari Selasa.

Dengan investasi yang direncanakan sebesar 20 miliar yuan (3,1 miliar dollar AS), pusat superkomputer akan menyediakan layanan data besar untuk industri, termasuk sektor kedirgantaraan dan kelautan mulai tahun 2022, kata Hainan Daily, dilansir Reuters, Selasa.

Dalam dekade berikutnya, China membayangkan konstelasi besar satelit komersial yang dapat menawarkan layanan mulai dari internet berkecepatan tinggi untuk pesawat hingga melacak pengiriman batu bara.

Untuk memenuhi permintaan peluncuran satelit, China harus membangun roket yang lebih besar yang dapat membawa lebih banyak satelit atau membangun lebih banyak lokasi peluncuran, atau keduanya.

China saat ini memiliki empat lokasi peluncuran, tiga di pedalaman dan satu di Wenchang yang berada di provinsi Hainan.

Awal bulan ini, pemerintah China mengatakan sedang merencanakan pangkalan luar angkasa komersial baru di Hainan untuk memenuhi permintaan peluncuran.

Pemerintah juga mendukung Hainan dalam kerja sama internasionalnya dalam meluncurkan satelit dan muatan komersial, serta penelitian dan pengembangan dalam penerbangan luar angkasa komersial.


Baca juga: China kembangkan komputer canggih, kecerdasan seperti otak

Baca juga: Samsung hentikan produksi pabrik komputer di China

Baca juga: Peretas asal China diduga curi informasi dari komputer milik Vatikan

Penerjemah: Fathur Rochman
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Laporan dari China - KBRI Beijing leluasa gelar shalat Idul Fitri

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar