Bogor (ANTARA News) - Arus lalu lintas di kawasan Puncak Bogor, Jabar, kembali normal setelah Satlantas Polres setempat memberlakukan sistem satu arah (one way) selama kurang lebih 1,5 jam.

"Sistem one way kita berlakukan dari pukul 18:00 WIB hingga pukul 19:35 WIB kita buka kembali," kata Kasatlantas Polres Bogor, AKP Fathoni Riza, saat dihubungi, Sabtu malam.

Sebelumnya, arus kendaraan menuju puncak padat merayap. Ratusan kendaraan berjejer dari Simpang Gadok menuju Taman Wisata Matahari (TWM), kepadatan juga terjadi di Taman Safari Indonesia yang tidak bisa turun karena arus tersendat di kawasan TWM dan Cimory.

Sedangkan arus dari pasar Cisarua menuju Simpang Gadok lancar. Agar tidak terjadi kesembrautan arus, sistem one way diberlakukan dengan teknik berbeda dari biasanya.

Petugas Polres Bogor mengukur waktu yang tepat untuk memberlakukan one way dengan cara terlebih dahulu mengatur kepadatan arus di kawasan TWM, sementara itu, kendaraan yang sudah berada di Simpang Gadok didorong ke arah Puncak hingga batas yang ditentukan baru jalur ditutup.

"Dengan pertimbangan waktu yang sudah ditetapkan, dan pengaturan arus yang maksimal di kawasan TWM kita bisa melancarkan arus di Puncak," kata Fathoni yakin.

Pantauan ANTARA melalui CCTV di Pos Polisi Simpang Gadok, kepadatan arus tidak terlalu signifikan, kepadatan hanya terlihat di TWM, dan Taman Safari, sementara jalur yang lain seperti Pasar Cisarua, Cimory, Megamendung terlihat lancar.

Penutupan arus diberlakukan di Tol Jagorawi menuju Simpang Gadok dan dari Ciawi menuju Puncak dan Simpang Gadok. Ditutupnya jalur menuju Puncak antrian kendaraan dari arah Ciawi cukup panjang mulai dari Simpang Gadok hingga di depan RSUD Ciawi.

Arus kembali lancar setelah sistem one way kembali dibuka, antrian kendaraan dari arah Ciawi menuju Simpang Gadok mulai bergerak. Andri (30) warga Cisarua yang terjebak penutupan arus, mengatakan dirinya tidak terlalu lama menunggu arus kembali dibuka.

"Syukurlah penutupan arus tidak terlalu lama seperti Sabtu lalu, saya baru menunggu satu jam. Sekarang jalur sudah kembali di buka," ucapnya sambil bersiap-siap menghidupi mobilnya bergerak menuju Puncak.

Diprediksikan arus lalu lintas pada hari Minggu akan kembali padat, pasalnya puncak libur sekolah akan berakhir besok.

(KR-LR/A033/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010