Cisarua, Bogor (ANTARA News) - Mantan Wakil Perdana Menteri, Mantan Ketua MPR/DPR dan mantan Ketua Umum Tanfidziah PBNU KH Idham Chalid, Senin siang dimakamkan di kompleks makam keluarga Pondok Pesantren Darul Quran Cisarua Bogor.

Upacara pemakaman kenegaraan dipimpin oleh inspektur upacara menteri agama Suryadharma Ali.

Jenazah salah satu tokoh Partai Persatuan Pembangunan itu diberangkatkan dari rumah duka di kawasan Cipete Jakarta Selatan pukul 10:00 WIB dan tiba di Cisarua pukul 11:00 WIB. Prosesi pemakaman dilangsungkan mulai pukul 12:00 WIB.

Menteri agama selaku perwakilan dari negara, memulai upcara persada, yaitu upacara menandai dimakamkannya salah satu putera terbaik bangsa dan diikuti kemudian oleh tembakan salvo dan lagu gugur bunga saat jenazah diturunkan ke liang lahat.

Sekitar 1.000 pelayat hadir dalam upacara pemakaman tersebut. Sebelum dimakamkan, jenazah sempat disholatkan di masjid yang berada di kompleks pondok pesantren tersebut.

Bendera merah putih yang menyelubungi keranda jenazah kemudian dilipat dan diberikan kepada anggota keluarga KH Idhan Chalid setelah jenazah diturunkan ke liang lahat.

KH Idham Chalid meninggal pada usia 88 tahun, Minggu (11/7) karena sakit.

Sejumlah tokoh agama maupun tokoh politik merasa kehilangan atas kepergian tokoh yang memiliki rekam jejak di bidang politik dan keagamaan itu.
(ANT/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010