Artikel

Final Piala Menpora: Duel maung dan macan, siapa menang?

Oleh Zuhdiar Laeis

Final Piala Menpora: Duel maung dan macan, siapa menang?

Pemain PSS Sleman Velez Nicolas Leandro (kiri) berusaha melewati hadangan pemain Persib Bandung Beckham Putra (kanan) pada Pertandingan Semifinal Leg ke-2 Piala Menpora di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Senin (19/4/2021). ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/foc.

Jakarta (ANTARA) - Piala Menpora, gelaran laga sepak bola perdana di Indonesia sejak pandemi COVID-19 mendera, telah berjalan lancar tahap demi tahap, dan kini telah mencapai babak final.

Semua tahu, tarik ulur terjadi sebelum ajang Piala Menpora terlaksana demi memenuhi protokol kesehatan yang ditetapkan, termasuk larangan ada penonton di stadion dan nonton bareng.

Alhasil, suporter setia masing-masing klub harus puas menonton di depan layar televisi di rumah masing-masing demi gelaran Piala Menpora bisa berjalan.

Ada tim yang jor-joran mendatangkan deretan pemain baru yang top dan mahal pastinya, tetapi ada pula tim yang memilih mengandalkan amunisi yang ada dan jajaran pemain muda.

Gelaran Piala Menpora akhirnya dimulai juga pada 21 Maret lalu, atau mundur sehari dari jadwal semula 20 Maret 2021, diikuti 17 tim dari Liga 1 Indonesia, minus Persipura.

Mereka terbagi dalam empat grup di babak penyisihan, yakni Grup A (PSIS Semarang, Barito Putera, Arema FC , Tira Persikabo), Grup B (Persija Jakarta, PSM Makassar, Bhayangkara FC, Borneo FC).

Kemudian, Grup C (Persebaya, Madura United, PSS Sleman, Persela Lamongan, Persela Lamongan), serta terakhir Grup D diisi Persib Bandung, Bali United , Persiraja, dan Persita Tangerang.

Tanpa gegap gempita penonton, sorak sorai selebrasi gol, dan koor dari suporter yang biasa menggema di panggung, para pemain tetap bersemangat berlaga di tengah heningnya tribun stadion.

Babak demi babak telah terlewati, banyak tim harus tereliminasi sejak awal penyisihan hingga semifinal, hingga menyisakan dua tim yang akan bertarung di final, yakni Persib Bandung dan Persija Jakarta.

Dua tim tersebut sama-sama kuat dengan deretan pemain top yang dimiliki, terbukti dari rekam jejak pertandingan babak demi babak di Piala Menpora hingga mampu melenggang ke final.

Bahkan, kedua tim punya julukan hampir serupa, yakni Persija dengan Macan Kemayoran dan Persib dengan sebutan Maung Bandung. Baik macan maupun maung sama-sama memiliki arti harimau.

Tak hanya pemain, persaingan kedua tim juga dimulai dari rivalitas suporter masing-masing, Bobotoh dan The Jakmania yang akan membuat gengsi pertemuan kedua kesebelasan semakin menggelora.


Baca juga: Persib ke final Piala Menpora meski ditahan imbang PSS Sleman 1-1
Baca juga: Persija melaju ke final Piala Menpora usai kalahkan PSM


Selanjutnya: Persib tidak targetkan juara

 

Oleh Zuhdiar Laeis
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Menpora minta polisi tindak suporter Persija & Persib yang langgar aturan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar