London (ANTARA News/AFP) - Harga minyak dunia naik pada Rabu, setelah data menunjukkan cadangan minyak mentah turun lebih tajam daripada jumlah yang diperkirakan di konsumen utama Amerika Serikat.

Kontrak utama New York, minyak mentah light sweet untuk pengiriman Agustus, naik 75 sen menjadi 77,90 dolar per barel.

Minyak mentah Brent North Sea untuk penyerahan Agustus meningkat 79 sen menjadi 77,44 dolar.

Departemen Energi AS (DoE) mengatakan cadangan minyak mentah AS merosot 5,1 juta barel minggu lalu. Analis memperkirakan untuk turun hanya 1,2 juta barel, menurut Dow Jones Newswires.

"Stok minyak mentah AS turun sebesar lima juta barel untuk yang kedua minggu berturut-turut, tetapi masih mendekati sejarah tertinggi untuk tahun kali ini," kata Christophe Barret, seorang analis minyak untuk Credit Agricole.

"Penurunan minyak mentah ini mungkin terkait dengan permintaan kilang yang lebih baik."

Harga minyak memperpanjang keuntungan setelah melonjak Selasa, ketika dolar melemah dan Badan Energi Internasional (IEA) meramalkan bahwa permintaan diproyeksikan untuk sedikit meningkat tahun ini.

"Dalam laporan bulanan terakhirnya, IEA meningkatkan prospek untuk pertumbuhan permintaan minyak 2010 sedikit ke 1,77 juta barel per hari," kata analis pada konsultan JBC Energy di Wina.

"Berdasarkan hasil pembicaraan yang sedang berlangsung dari resesi double-dip dan tidak adanya tanda yang jelas dari pemulihan ekonomi global, angka itu tampaknya cukup optimis."

"Selain itu, IEA melihat pertumbuhan permintaan pada 2011 melambat menjadi 1,3 juta barel per hari."

Sementara itu, hasil kuat perusahaan Amerika Serikat telah memicu harapan meningkatnya permintaan energi di perekonomian terbesar di dunia.

"Tampaknya hasil laba perusahaan yang kuat dari Alcoa dan Intel mendorong sentimen investor ... menunjukkan tanda-tanda yang menggembirakan bagi pemulihan ekonomi AS," kata analis pada broker Sucden di London.

"Para investor mencari nada yang lebih optimis di pendapatan korporasi AS pada kuartal kedua yang dapat meningkatkan permintaan minyak global di separuh kedua 2010."

Minggu ini, raksasa aluminium Alcoa melaporkan kembali ke keuntungan dan memperbesar perkiraan permintaan global sementara Intel membukukan keuntungan triwulanan 2,9 miliar dolar, hasil terbaik dalam 42 tahun sejarah perusahaan.

JPMorgan Chase mengawali musim laba sektor keuangan AS pada Kamis, diikuti oleh Bank of America dan Citigroup pada Jumat. (A026/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010