Jakarta (ANTARA News) - Operator selular PT XL Axiata Tbk menyiapkan bandwidth berkapasitas sekitar 20 Gigabytes (GB) untuk memenuhi kebutuhan pengiriman data dan akses Internet pelanggan korporasi.

"Kami membuka bandwidth sebesar dua lambda, atau setara 20 Giga untuk sekitar 2.973 perusahaan yang jadi pelanggan XL," kata VP Enterprise & Carrier XL, Titus Dondi, di sela-sela Indonesia Cellular Show (ICS) 2010 di Jakarta Convention Center, Kamis.

Menurut Titus, bandwidth sebesar itu merupakan kapasitas aktif yang disediakan secara khusus untuk korporasi dan wholesale.

Pada kesempatan itu, XL mengumumkan perkembangan kerja samanya dengan lima perusahaan yaitu PT Lotte Mart Indonesia, Bank Commonwealth, PT Star Cosmo, PT Starcom Solusindo, dan Universitas Bina Nusantara.

Lotte Mart menjadi klien XL dalam implementasi Internet VPN over 3G/GPRS dan CUG dengan PT Lotte Mart Indonesia. Bank Commonthwealth mengimplementasikan solusi MPLS (multi protocol label switching) dan BES (BlackBerry Enterprise Server).

MPLS dan CUG (close user group) prepaid untuk PT Star Cosmos, layanan BWA di tiap kantor cabang milik PT Starcom Solusindo, serta layanan BES dan CUG untuk Universitas Bina Nusantara.

Menurut Titus, dengan CUG pelanggan korporasi bisa menghemat biaya komunikasi internal hingga 20 persen.

Sementara BES memungkinkan integrasi push mail dengan Intranet perusahaan, kata Titus yang menyebutkan bahwa layanan data umumnya dimanfaatkan untuk mendongkrak produktivitas bisnis pelanggan.

Leased-line dan MPLS biasanya dipakai pelanggan enterprise yang memiliki banyak kantor cabang karena infrastruktur dan investasi yang dibutuhkan cukup besar.

"Adapun fasilitas metro ethernet diadopsi perusahaan skala kecil menengah, yang biasanya menawarkan bandwidth mulai dari 256 Mbps sampai 1Gbps," papar Titus.

Ia menambahkan, pendapatan XL dari pelanggan korporasi XL, mencapai 10 persen terhadap total pendapatan perseroan.

Pada 2009, total pendapatan XL tercatat sebesar Rp13,9 triliun, dan diproyeksikan tumbuh sekitar 19 persen pada 2010.

Menurut Titus, dari 2.973 perusahaan pelanggan korporasi itu, sektor perbankan dan finansial masih mencatat kontribusi terbesar dengan 60 persen.

Beberapa perusahaan perbankan yang bekerja sama dengan XL di antaranya BCA, Bank Mandiri, Bank Mega, dan Bank Commonwealth

(R017/A023/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010