Semarang (ANTARA News) - Promotor tinju profesional, Zaenal Thayeb, menyatakan kesiapannya mengambil alih mementaskan pemegang gelar Super Champions Kelas Bulu WBA, Chris John, untuk berbagai pertarungan berikutnya menyusul batalnya petinju itu melawan Fernando David Saucedo.

"Apabila pelatih sekaligus manajernya, Craig Christian, sudah melepaskan Chris John, saya siap mengambil alih untuk memberikan dukungan kepada petinju tersebut," kata Zaenal Thayeb ketika dihubungi dari Semarang, Kamis.

Bahkan, kata dia, dirinya dan pihak minuman berenergi "Kuku Bima" siap mengambil alih Chris John.

"Saya sudah berbicara dengan pihak `Kuku Bima` dan yang bersangkutan juga sanggup," kata Zaenal yang juga pemilik Sasana Mirah Boxing Camp tersebut.

Menurut dia, sejak pembatalan pertarungan di Bali, 22 Mei 2010, pihak Kuku Bima juga mundur sebagai sponsor pertarungan Chris John melawan Fernando David Saucedo.

Padahal, kata dia, pada saat dirinya menjadi promotor pertarungan kedua petinju tersebut, "Kuku Bima" sudah siap membantu pertarungan di Bali.

Tetapi, katanya, karena dipindahkan ke Jakarta akhirnya yang bersangkutan juga mundur sebagai sponsor.

Ia mengakui, memang dirinya tidak tahu pasti apakah pembatalan pertarungan Chris John melawan El Vasco (panggilan Fernando Saucedo) tersebut karena memang Chris John mengalami cedera atau karena pihak penyelenggara atau "EO" tidak mendapat sponsor.

"Saya kurang tahu persis alasan pembatalan pertarungan tersebut tetapi saya sudah menyampaikan kepada istri Chris John, Anna Maria Megawati, dan menyarankan agar tidak diteruskan daripada nanti Chris John bertambah fatal dan keluar uang yang banyak," katanya.

Pertarungan Chris John, juara dunia tinju kelas bulu World Boxing Association (WBA), melawan penantang peringkat 15, Fernando Saucedo, di Ballroom Pacific Place Hotel Ritz-Carlton, Jakarta, 26 Juli, kemungkinan batal karena Chris John cedera.

"Chris retak tulang iganya terkena pukulan lawan latih tandingnya juara nasional kelas ringan, Roy Tuamanihuruk, beberapa hari lalu. Setelah dirontgen di klinik dekat Hotel Sahid tadi pagi baru kami tahu kalau tulang iganya retak," tutur Wakil Manajer Chris John Management, Toni Pranata, di Jakarta, Rabu (14/7) sore.

Kendati demikian, kata Toni, pembatalan resmi pertarungan Chris John versus Fernando Saucedo akan disampaikan beberapa hari mendatang.

"Kami tunggu kedatangan Pak Hendropriyono sebagai promotor untuk mengumumkannya secara resmi. Pak Hendro saat ini sedang ke luar kota," kata Toni lagi.

Sebelumnya, pertarungan kedua petinju tersebut dimainkan di Bali, 22 Mei 2010, tetapi mundur karena Chris John mengalami cedera dan akhirnya dimainkan 26 Juli 2010 dan tempatnya dipindahkan ke Jakarta dengan penyelenggara berbeda. (*)

H015/M029

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010