Liga Inggris

Liverpool kembali gagal jaga keunggulan saat diimbangi Newcastle

Liverpool kembali gagal jaga keunggulan saat diimbangi Newcastle

Gelandang serang Newcastle United Joe Willock (kanan) mencetak gol demi memaksakan hasil imbang melawan Liverpool dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Sabtu (24/4/2021). (ANTARA/REUTERS/POOL/David Klein)

Jakarta (ANTARA) - Liverpool kembali gagal menjaga keunggulan saat akhirnya diimbangi Newcastle United 1-1 dalam laga pekan ke-33 Liga Inggris di Stadion Anfield, Sabtu.

Hasil imbang tersebut jelas merugikan bagi Liverpool yang akan semakin kesulitan dalam perebutan empat besar.

Tim besutan Juergen Klopp hanya naik ke urutan keenam klasemen dengan koleksi 54 poin, terpaut satu poin dari Chelsea dan West Ham United yang akan bertanding dalam laga lebih larut.

Sedangkan bagi Newcastle (36), tambahan satu poin cukup membesarkan asa mereka menghindari ancaman degradasi. Pasukan Steve Bruce memang belum beranjak dari urutan ke-15, tetapi kini mereka punya jarak aman sembilan poin dari zona merah, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Baca juga: Liverpool diimbangi Leeds di tengah kisruh Liga Super Eropa

Memimpin sejak menit ketiga lewat gol atraktif Mohamed Salah, Liverpool seharusnya bisa memimpin tiga atau empat gol ketika turun minum jika saja penyelesaian di seperti akhir lapangan mereka lebih baik.

Gol Salah tercipta lewat ketenangan Salah mengendalikan bola lambung liar di dalam kotak penalti sebelum memutar badan dan melepaskan tembakan keras.

Namun sejak itu Liverpool tampak kurang meyakinkan dan kiper Alisson Becker dipaksa melakukan penyelamatan atas tembakan Joelinton pada menit ke-20.

Sembilan menit kemudian lini belakang Newcastle melakukan blunder dan bola bisa direbut para penyerang Liverpool, tetapi Diogo Jota gagal memanfaatkannya sebab tembakannya masih melenceng dari sasaran.

Lantas pada menit ke-36, Salah yang berlari sendirian menyambut umpan jauh kiriman Jota malah melepaskan tembakan yang mengarah ke badan kiper Martin Dubravka dalam situasi satu lawan satu.

Pada menit ke-38, giliran Roberto Firmino yang melepaskan tembakan lemah di hadapan Dubravka disusul reaksi buruk Sadio Mane ketika menerima umpan tarik matang kiriman Salah hanya untuk membiarkan bola direbut oleh kiper Newcastle.

Baca juga: Para pemain Liverpool kompak unggah penolakan Liga Super Eropa
Baca juga: Setelah Liga Super Eropa, Klopp kritik format baru Liga Champions


Kegagalan-kegagalan itu nantinya akan dibayar mahal oleh para pemain Liverpool, sebab Newcastle tampil lebih agresif pada babak kedua.

Setelah berbagai percobaan mereka gagal, pada menit ketiga injury time Callum Wilson mampu menceploskan bola ke gawang Liverpool, tetapi gol itu dianulir sebab bola terlebih dulu mengenai lengannya dalam proses serangan.

Liverpool terselamatkan tetapi VAR membuat tambahan waktu yang seharusnya berlangsung empat menit menjadi molor dan dalam serangan pemungkasnya Joe Willock kembali mencetak gol vital untuk memaksakan skor imbang bagi Newcastle.

Lini pertahanan Liverpool sama sekali gagal mengantisipasi bola panjang yang disundul balik oleh Dwight Gayle sebelum disambar dengan sepakan keras oleh Willock demi menutup laga dengan skor 1-1.

Kedua tim akan memainkan pertandingan lanjutan masing-masing pada Minggu (2/5) pekan depan, saat Newcastle menjamu Arsenal di St. James' Park sedangkan Liverpool bertandang ke Old Trafford menjalani North West Derby melawan Manchester United.

Baca juga: Arteta sudah lelah dengan VAR
Baca juga: Chelsea sangat sesali keputusan gabung proyek Liga Super Eropa
Baca juga: Blunder Bernd Leno pastikan Everton bawa tiga poin dari markas Arsenal

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Direksi TVRI patahkan alasan Dewas pecat Helmy soal tayangan asing

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar