Madrid (ANTARA News )- Kebun binatang Madrid mengumumkan keinginannya untuk membeli Paul si 'Gurita Peramal' yang telah menjadi sensasi tersendiri selama Piala Dunia Afrika Selatan.

Paul si Gurita sebelumnya dikabarkan pensiun sebagai peramal setelah secara mengejutkan berhasil meramal hasil akhir enam laga termasuk Final ketika Spanyol mengalahkan Belanda 1-0.

Pihak berwenang di Zoo Aquarium di Madrid mengemukakan kepada tempat penangkaran Paul di Jerman, sang Gurita akan disambut dengan hangat di Madrid dan berterimakasih karena telah meramalkan kemenangan Spanyol atas Belanda.

Mereka percaya Paul akan menarik perhatian banyak pengunjung dan menjadi 'bintang lapangan' di Madrid.

Kebun binatang Madrid telah menghubungi aquarium Sea Life di Oberhausen untuk "meminta mereka memindahkan binatang itu," sambil memberikan apa yang mereka sebut, "tawaran yang tidak bisa ditolak orang-orang Jerman itu," demikian kutip The Telegraph.

Mereka menawarkan sejumlah uang yang tidak disebutkan jumlahnya dan berusaha untuk menegosiasikan pemindahan itu melalui programa pertukaran binatang.

"Kebun binatang itu juga menjamin bahwa Paul akan mendapatkan perhatian terbaik, menggambarkan kasih sayang dari seluruh rakyat Spanyol karena ia telah meramalkan kemenangan Spanyol di Piala Dunia," kata juru bicara kebun binatang Madrid Amparo Fernandez.

"Kami berharap dalam beberapa hari kami bisa mengabarkan bahwa Paul yang luar biasa itu akan menjadi bagian dari kelompok binatang-binatang yang paling dicintai dan berpengaruh di Kebun Binatang Madrid," lanjut Amparo.

Tetapi juru bicara Paul dari Sea Life tetap kukuh mengatakan binatang berkaki delapan itu tidak dijual.

"Kami tidak berhubungan dengan Kebun Binatang Madrid dan kami tahu apa-apa tentang rencana untuk menukar Paul dengan binatang lain atau ia akan hengkang ke Kebun Binantang Madrid dengan sejumlah uang tertentu," kata Tanza Munig, juru bicara Sea Life.

Untuk ukuran gurita, Paul yang telah berumur dua setengah tahun itu sudah terhtung uzur karena gurita pada umumnya hanya mencapai usia 3 tahun. Akan tetapi Paul ternyata sangat terkenal di wilayah barat laut Spanyol.

Sebuah kota bernama O Caraballino bahkan menjadikan binatang tidak bertulang belakang itu 'Warga Kehormatan'

Walikota O Caraballino akan berangkat ke Oberhausen minggu depan untuk menganugerahkan plakat dan ukiran kepada Paul.
(Ber/A024) 

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010