Personel Yon Taifib 2 Marinir masih disiagakan di Tanjung Wangi

Personel Yon Taifib 2 Marinir masih disiagakan di Tanjung Wangi

Personel Yon Taifib 2 Marinir Pasmar 2 TNI AL Surabaya, menurunkan perahu karet di Posko SAR Marinir TNI AL di Pelabuhan Tanjung Wangi, Banyuwangi. Minggu (25/4/2021) sore. ANTARA/Novi Husdinariyanto.

Surabaya (ANTARA) - Puluhan personel dari Yon Taifib 2 Marinir Pasmar 2 TNI AL Surabaya tetap disiagakan dengan mendirikan Posko SAR Marinir TNI AL KRI Nanggala-402 di kawasan Pelabuhan Tanjung Wangi, Banyuwangi, Jawa Timur.

Informasi dihimpun, tercatat ada 28 personel, dan 14 personel di antaranya penyelam.

Seluruh personel Yon Taifib 2 Marinir Pasmar 2 TNI AL Surabaya tersebut disiagakan di Pelabuhan Tanjung Wangi Banyuwangi sebagai upaya antisipasi ketika sewaktu-waktu proses penyelamatan diperlukan untuk evakuasi.

Baca juga: Menhan: Negara utang budi pada 53 prajurit KRI Nanggala-402 yang gugur

Pada Minggu sore, sekitar pukul 16:30 WIB, seorang pria yang mengaku salah seorang keluarga awak KRI Nanggala-402, yakni Serda Eko Prasetyo, mendatangi posko di kawasan Pelabuhan Tanjung Wangi,l untuk menanyakan informasi pasti kondisi awak kapal selam buatan Jerman yang tenggelam sejak Rabu (21/4).

”Saya keluarga Serda Eko Prasetyo bagian komunikasi di KRI Nanggala-402. Kedatangan saya ke Banyuwangi untuk mendapatkan informasi pastinya, karena saya diminta keluarga datang ke sini. Dan istrinya juga ada di Madura menunggu informasi,” ujar Ardiles Angga Febrianto.

Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Marsekal Hadi Tjahjanto saat jumpa pers di Base Ops Lanud Ngurah Rai, Badung, Bali, Minggu petang, menyatakan sebanyak 53 awak kapal KRI Nanggala-402 dinyatakan telah gugur.

Baca juga: Menhan: Kita akan modernisasi alutsista bagi TNI

Kapal selam buatan Jerman itu membawa 53 orang yang terdiri dari 49 ABK, seorang komandan satuan, dan tiga personel senjata.

KRI Nanggala-402 hilang kontak saat komandan pelatihan hendak memberikan otoritas penembakan terpedo di perairan laut utara Bali, pada Rabu (21/4).

Pewarta: Fiqih Arfani/Novi Husdinariyanto
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Basarnas Banten dirikan posko siaga nataru di Pelabuhan Merak

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar