Daniel Kaluuya raih Oscar untuk "Judas and the Black Messiah"

Daniel Kaluuya raih Oscar untuk "Judas and the Black Messiah"

Daniel Kaluuya di karpet merah Oscar Academy Awards ke-93 Los Angeles, California, Amerika Serikat, Minggu (25/4/2021). ANTARA/Pool via REUTERS/Chris Pizzello/am.

Jakarta (ANTARA) - Aktor Inggris Daniel Kaluuya meraih piala Oscar pertamanya untuk peran pendukung di film "Judas and the Black Messiah" yang menceritakan mendiang aktivis Black Panther Fred Hampton.

Kaluuya (32) dijagokan untuk menang setelah mendapat penghargaan Golden Globes, Screen Actors Guild dan BAFTA Inggris.

Lahir di London dari keluarga Uganda, Kaluuya mendeskripsikan dirinya sebagai anak dari kelas pekerja yang pertama dikenal di industri hiburan sebagai aktor remaja dan penulis dalam serial televisi dewasa muda Inggris "Skins".

Baca juga: Oscar tahun ini akan seperti film, pemenang boleh bicara lebih lama

Dia pertama kali menarik perhatian internasional pada 2017 lewat film horor komedi kelam "Get Out" yang membuatnya mendapat nominasi Oscar untuk pemeran utama.

Dalam "Judas and the Black Messiah", dia meemrankan pemimpin revolusioner Hampton berusia 21 tahun yang ditembak mati oleh polisi Chicago pada 1969.

Film tersebut dibuat atas izin dan partisipasi dari putra Hamptopn, Fred Hampton Jr., kata Kaluuya yang mengatakan tujuan film ini adalah untuk menghormati peninggalan Hampton.

Kaluuya bekerja di teater dan televisi Inggris sebelum mendapat peran kecil di "Johnny English Reborn" dan thriller "Sicario".

Dia dipuji atas perannya dalam serial "Black Mirror" sebelum terpilih bermain dalam "Get Out" sebagai pria kulit hitam yang pergi mengunjungi keluarga kekasihnya, gadis kulit putih yang kaya raya. Peran itu membawanya jadi bagian film pahlawan super "Black Panther" dan karakter di film independen "Queen & Slim".

Baca juga: "Another Round" dari Denmark menangi film internasional terbaik Oscar

Baca juga: Karpet merah kembali di Oscar tahun ini

Baca juga: Oscar 2021 nanti bisa ditonton di Disney+ Hotstar

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kelas standar BPJS Kesehatan diterapkan bertahap mulai 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar