Jakarta (ANTARA News) - Siklon tropis "Conson" Sabtu mulai bergerak menjauhi wilayah Indonesia, sehingga peluang hujan berskala ringan hingga sedang di sebagian wilayah Indonesia pun berkurang.

Pusar peringatan siklon tropis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengumumkan di Jakarta bahwa siklon tropis "Conson" mulai bergerak menjauhi Indonesia ke arah barat laut dengan kecepatan 10 knot atau 18 kilometer per jam.Kecepatan angin maksimum 60 knot atau 110 kilometer per jam.

Siklon tropis "Conson" menimbulkan dampak berupa peluang hujan ringan hingga sedang kadang lebat di wilayah Sumatera bagian Utara, Sumatera bagian Tengah, Sumatera bagian Selatan, Selat Karimata bagian Selatan, Perairan sebelah Barat Sumatera dan Jawa bagian Barat.

Gelombang laut dengan tinggi tiga dan lima meter berpeluang terjadi di perairan sebelah Barat dan Utara Aceh.

Jabodetabek hujan
Menjelang Sabtu malam, hujan dengan intensitas sedang kadang lebat berpotensi terjadi di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Peringatan dini BMKG untuk wilayah Jabodetabek, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang berdurasi singkat berpotensi terjadi sekitar pukul 15.00 WIB di wilayah Tangerang, Ciledug, Kebayoran, Grogol, Tanjung Priok, Pasar Baru, Krukut, Ancol dan sekitarnya.

Kondisi itu diperkirakan masih akan berlangsung hingga malam dan meluas ke wilayah Depok, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Selatan dan sekitarnya.(R018/A011)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010