Jakarta (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa menghadiri rangkaian pertemuan ke-43 tingkat menteri Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara di Hanoi, Vietnam, Senin.

Menurut keterangan Kementerian Luar Negeri di Jakarta, selain menghadiri pertemuan tingkat menteri ASEAN (AMM), Menlu juga akan mengikuti sidang Post Ministerial Conferences (PMC), dan pertemuan ke-17 Forum Kawasan ASEAN (ARF).

Kedatangan Menlu di bandara Noi Bai Hanoi disambut Duta Besar Indonesia untuk Vietnam Pitono Purnomo, para anggota delegasi Indonesia serta protokol Kementerian Luar Negeri Vietnam.

Sehari sebelumnya, Menko Polhukam Djoko Suyanto dan Dirjen Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri, Andri Hadi telah tiba di Hanoi. Menko Polhukan juga dijadwalkan untuk menghadiri (pertemuan-pertemuan tersebut.

Sidang AMM telah diawali dengan sidang-sidang tingkat pejabat senior, 13-19 Juli. Delegasi Indonesia untuk pertemuan-pertemuan itu berjumlah sekitar 50 orang, termasuk Dubes PTRI ASEAN I Gede Ngurah Swajaya, yang dipimpin Dirjen Kerjasama ASEAN, Djauhari Oratmangun.

Menurut Dubes RI untuk Vietnam, sidang-sidang kali ini merupakan bagian terpenting dari berbagai persidangan ASEAN karena berbagai kebijakan dalam kerangka ASEAN bermuara dari hasil-hasil persidangan tingkat menteri ASEAN.

Pada Senin malam, Menlu dijadwalkan menghadiri makan malam sekaligus pertemuan informasi AMM.
(Tz.G003/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010