Gorontalo (ANTARA News) - Hujan yang mengguyur Kabupaten Gorontalo selama tiga hari terakhir, mengakibatkan luapan air dari Danau Limboto terus meningkat.

Meningkatnya luapan Danau Limboto ini menyebabkan warga di Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo kembali dilanda banjir. Padahal, banjir sejak akhir bulan Juni lalu belum juga surut, hingga saat ini.

Ketua Tanggap Bencana (Tagana) Kabupaten Gorontalo, Hardiman Tolinggi, Selasa mengatakan, banjir akibat luapan Danau Limboto memang sering melanda warga Kecamatan Tilango, terutama pada saat hujan.

"Hampir 75 persen dari jumlah rumah warga di Kecamatan Tilango, selalu kebanjiran saat danau limboto meluap," jelas Hardiman.

Menurut Hardiman, Kecamatan Tilango merupakan salah saru wilayah di Kabupaten Gorontalo yang berada dekat dengan Danau Limboto.

Tagana Kabupaten Gorontalo bekerjasama dengan Dinas Sosial Kabupaten Gorontalo, sudah sering memberikan bantuan berupa bahan makanan bagi warga yang terkena banjir.

Hardiman berharap, ke depannya ada solusi yang terbaik untuk mengatasi persoalan banjir di Kecamatan Tilango.

"Hingga kini masalah banjir di kecamatan Tilango belum mendapatkan solusi yang terbaik. Namun kami yakin, semua pihak terkait sudah mulai memikirkan cara yang tepat guna menanggulangi bencana banjir yang selalu terjadi di Kecamatan Tilango ini," ujar Hardiman.
(ANT/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010