kegiatan pada Festival Pesona Danau Limboto di antaranya festival kuliner, area kemping, karnaval budaya, pertunjukan seni dan budaya
Kabupaten Gorontalo (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Provinsi Gorontalo siap menggelar Festival Pesona Danau Limboto (FPDL) pada 16–21 Juni 2023.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Gorontalo, Rita Idrus di Gorontalo, Rabu, mengatakan pembangunan panggung utama segera dimulai.

"Untuk panggung utama dibangun di area dekat kolam di Pentadio Resort," ucap Rita Idrus.

Ia menjelaskan pembangunan panggung dibarengi dengan lapak-lapak yang disediakan untuk masyarakat yang ikut berpartisipasi.

Festival Pesona Danau Limboto merupakan salah satu Kalender Wisata Kabupaten Gorontalo yang masuk dalam 110 Kharisma Event Nusantara 2023 Wonderfull Indonesia.

Baca juga: Karnaval Multi Etnis ramaikan Festival Pesona Danau Limboto

Kegiatan tahunan tersebut merupakan salah satu media untuk mengembangkan dan melestarikan Danau Limboto atau salah satu bentuk kampanye penyelamatan danau yang kini masuk dalam kategori kritis.

Sejumlah kegiatan yang digelar pada Festival Pesona Danau Limboto di antaranya festival kuliner, area kemping, karnaval budaya, pertunjukan seni dan budaya, Gorontalo Expo, lomba perahu dayung dan permainan tradisional.

Sebelumnya, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo meminta seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) turut menyukseskan pelaksanaan Festival Pesona Danau Limboto.

"Kegiatan ini milik semuanya, bukan hanya Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata saja, semua wajib terlibat untuk suksesnya kegiatan ini," ucap Nelson.

Baca juga: Tiga lembaga lakukan sensus burung air di Danau Limboto Gorontalo

Baca juga: BIOTA latih pemandu wisata pengamatan burung di Danau Limboto

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023