Jakarta, 21/7 (ANTARA) - Dalam rangka menyambut datangnya Ramadan 1431H sekaligus sosialisasi, PKPU bekerjasama dengan Majelis Taklim Yasin Chiayi-Indonesia Taiwan (MTYCIT) Chiayi, KMIT (Keluarga Muslim Indonesia di Taiwan) serta didukung oleh TVone, Taiwan Mobile mempersembahkan gelaran Tabligh Akbar bersama Aa Hadi-Cheche Kirani dan Konser Musik Religi bersama Opick, Minggu (18/7/2010) pukul 09.00-16.30 waktu Taiwan.

     Acara yang digelar di Kang Ping Stadium Chiayi City Taiwan berlangsung lancar dan sangat meriah. Acara yang bertema "Mempererat Ukhuwah, Menggapai Keberkahan Ramadan" ini diikuti lebih dari 1500 peserta yang berdatangan dari segala penjuru kota-kota di Taiwan.

     Acara dimulai dengan menampilkan perwakilan majelis taklim Indonesia yang tersebar di kota-kota di Taiwan. Sebanyak 8 majelis taklim yang bernaung di bawah Keluarga Muslim Indonesia di Taiwan (KMIT) menampilkan berbagai kreativitas mereka seperti kasidahan dan band dengan lagu-lagu islami. Secara resmi acara dibuka pukul 13.00 waktu Taiwan dengan sambutan dari Presiden KMIT Anto Budianto dan Ketua Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) Harmen Sembiring. Presiden KMIT Anto Budianto menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada PKPU atas terselenggaranya acara ini. "Dengan kegiatan seperti ini bisa lebih menguatkan ukhuwah diantara umat Islam Indonesia di Taiwan," katanya.

     Hal senada diungkapkan Ketua KDEI Harmen Sembiring dalam sambutannya. "KDEI sangat mendukung diadakannya acara-acara seperti ini karena dapat menguatkan ikatan diantara warga Indonesia di Taiwan. Kami juga menghimbau agar para WNI di Taiwan yang mayoritasnya adalah TKI dan TKW juga dapat menjaga nama baik bangsa di luar negeri," katanya. Acara dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada para pemenang lomba bola voli antar majelis taklim, dilanjutkan oleh Cheche Kirani ditemani Deni Kurniawan, Foreign Affairs Officer PKPU menjelaskan tentang zakat, sejarah PKPU serta program pemberdayaan masyarakat bagi warga kurang mampu kepada yang hadir.

     Cheche Kirani mengungkapkan bahwa zakat merupakan bagian dari kewajiban kita sebagai seorang muslim untuk membersihkan harta yang kita peroleh, karena di dalam harta kita juga terdapat hak-hak orang yang membutuhkan. Diakhir penjelasan zakat oleh Cheche Kirani, PKPU memberikan penghargaan dan apresiasinya terhadap para pejuang dakwah di Taiwan dengan mengundang Presiden KMIT dan 8 orang Ketua Majelis Taklim di Taiwan. Pemberian penghargaan tersebut sekaligus ditandai dengan pemakaian jaket PKPU kepada Presiden KMIT Anto Budianto sebagai peresmian kerjasama PKPU dengan KMIT dalam pengelolaan ZIS di Taiwan. Acara yang ditunggu-tunggu 1500 orang peserta yaitu Konser Musik Religi yang dibawakan Opick berlangsung meriah. Opick membawakan lagu-lagu Islami yang sudah dikenal baik oleh masyarakat Indonesia di Taiwan. Bahkan para hadirin yang datang ikut menyanyikan lagu tersebut.

     Setelah beberapa lagu dibawakan Opick, acara dilanjutkan dengan Tabligh Akbar oleh Aa Hadi didampingi Cheche Kirani. Sejenak ruangan yang tadinya ramai menjadi hening saat Aa Hadi menyampaikan tausiyahnya, air mata mulai bercucuran dari para peserta ketika tausiyahnya ditutup oleh doa mengingatkan para peserta tabligh akbar kepada orang tua dan sanak saudara yang ditinggalkan untuk menggapai rezeki di negeri jauh. Waktu terus bergulir hingga hari menjelang sore, acara ditutup dengan diiringi penampilan dari Opik. Pada event tersebut PKPU juga membuka counter ZIS untuk melayani para peserta tabligh akbar yang mau melakukan pembayaran ZIS.

     Perwakilan PKPU, Deni Kurniawan berkesempatan untuk silaturahmi dengan Presiden KMIT Anto Budianto serta seluruh organisasi muslim baik mahasiswa maupun TKI, TKW yang berada di bawah naungan KMIT. Deni ikut memperkenalkan PKPU dengan program pemberdayaan masyarakat kepada seluruh organisasi, bahwa kehadiran PKPU adalah merupakan bagian dari pelayanan kepada umat islam Indonesia khususnya di Taiwan. Disampaikan Deni, PKPU akan terus
berupaya mendukung perkembangan dakwah dan kemanusiaan di Taiwan serta berkomitmen dalam pengelolaan ZIS di Taiwan. Pada momen tersebut juga disepakati oleh presiden KMIT dan seluruh organisasi di bawah naungannya untuk bekerjasama dengan PKPU dalam pengembangan dakwah serta pengelolaan dana zakat, infak dan sedekah (ZIS) di Taiwan.

     Untuk keterangan lebih lanjut silakan menghubungi Cecep Y Permana, Media & Komunikasi PKPU - Jl. Raya Condet No. 27G Jakarta Timur 13520 , Telp 0804 100 2000 Fax (021) 87780013,Mobile: 0812 855 2568. Website: www.pkpu.or.id - Blog: http://klikpkpu.blogspot.com

Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2010