Palembang (ANTARA News) - Paguyuban Kesenian Kuda Lumping Turunggo Joyo Sumatera Selatan akan mengelar festival kuda lumping tingkat Kota Palembang pada 28 Februari sampai 1 Maret mendatang.

Festival bakal diikuti 45 grup kuda lumping dari Kota Palembang, Banyuasin, Ogan Ilir dan Ogan Komering Ilir, kata Ketua Umum Paguyuban Kesenian Kuda Lumping Turunggo Joyo, Selamat Sumo Sentono, ketika menghadap Wakil Gubernur Sumsel, Eddy Yusuf di Palembang, Rabu.

Menurut dia, festival itu digelar dalam dalam rangka tahun baru Islam dan memperingati ulang tahun pertama paguyuban kesenian Turunggo Joyo tersebut.

Selain itu, festival kuda lumping ini dilaksanakan dalam rangka mendukung pariwisata di daerah ini, "visit musi" tahun 2009 dan melestarikan budaya bangsa, katanya.

Sebanyak 45 peserta yang bakal mengikuti festival kuda lumping itu nantinya akan memperebutkan tropi dan uang pembinaan, ujarnya pula tanpa menyebut berapa besar uang pembinaan tersebut.

Ia menyatakan, kesenian kuda lumping sekarang ini juga diminati para warga Bugis dan Cina. Di Sumsel sekarang ini grup kuda lumping itu cukup banyak ada sekitar 250 grup yang tersebar di seluruh kabupaten dan kota di Sumsel.

Dari total jumlah tersebut yang paling banyak berada di dalam Kota Palembang yakni sebanyak 30 grup, sedangkan sisanya tersebar di kabupaten dan kota lainnya di Sumsel, ujarnya pula.

Sementara itu Wakil Gubernur Sumsel, Eddy Yusuf mengatakan, menyambut baik diselenggarakannya festival kuda lumping tersebut dan menyarankan kegiatan itu dilaksanakan di Plaza Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang sehingga bisa ditonton oleh masyarakat.

Panitia pelaksana hendaknya juga melakukan koordinasi dengan pihak pemerintah kota Palembang dalam mengadakan kegiatan festival kuda lumping ini, kata Eddy.

Kemudian kedepannya diharapkan kesenian kuda lumping itu juga ikut dalam kegiatan lainnya dalam mendukung pariwisata di daerah tersebut.
(*)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009