Bandarlampung (ANTARA News) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan gelombang di Perairan Merak-Bakauheni, Kamis, berpeluang 1,2 meter.

Selain itu, cuaca di Selat Sunda bagian Utara tersebut berawan, dan angin bertiup dengan kecepatan 05-10 knot.

Di Selat Sunda bagian Selatan, tinggi gelombang berkisar 1,5-2,5 meter, cuaca berawan, dan angin bertiup dengan kecepatan 05-15 knot.

Kemudian, di Selat Bangka bagian Utara, tinggi gelombang berkisar 0,8-2,0 meter, cuaca berawan banyak dan angin bertiup dari Timur ke Selatan dengan kecepatan 05-10 knot.

Di Selat Bangka bagian Selatan, tinggi gelombang 0,6-1,3 meter, cuaca berawan banyak/hujan, dan angin bertiup daria Timur ke Selatan dengan kecepatan 05-08 knot.

Gelombang 0,6-1,3 meter pun berpeluang di Selat Gelasa, angin bertiup dari Timur ke Selatan dengan kecepatan 05-08 knot, dan cuaca berawan banyak/hujan.

Kemudian, di Selat Bali bagian Utara ( Ketapang - Gilimanuk ), tinggi gelombang berkisar 0,5-1,5 meter, cuaca cerah-berawan, dan angin bertiup dari Tenggara ke Selatan dengan kecepatan 03-20 knot.

Di Selat Bali bagian Selatan, tinggi gelombang berkisar 1,3-3,0 meter, cuaca cerah-berawan, dan angin dari Tenggara ke Selatan dengan kecepatan 04-28 knot.

Gelombang 1,3-3,0 meter pun berpeluang di Selat Badung, cuaca cerah-berawan, dan angin bertiup dari Tenggara ke Selatan dengan kecepatan 04-28 knot.

Sementara di Selat Lombok bagian Utara (Padang Bai - Lembar ), tinggi gelombang berkisar 0,8-2,5 meter, cuaca cerah-berawan, dan angin bertiup dari Tenggara ke Selatan dengan kecepatan 03-24 knot.

Di Selat Lombok bagian Selatan, tinggi gelombang berkisar 1,3-3,0 meter, cuaca cerah-berawan, dan angin bertiup dari Tenggara ke Selatan dengan kecepatan 04-26 knot.

BMKG juga menginformasikan, gelombang 2,0-3,0 meter berpeluang di Perairan Utara Aceh, Perairan Barat Sumatera, Selat Sunda bagian Selatan, Perairan Selatan Jawa hingga NTB, dan Perairan Selatan P. Sumba.

Kemudian, di Laut Sawu, Laut Timor bagian Selatan, Laut Bali, Perairan Sulawesi Tenggara, Laut Flores, Teluk Tolo, Laut Maluku, serta Perairan Selatan P. Buru dan P. Seram.

Gelombang 3,0-4,0 meter berpeluang di Laut Andaman, Samudera Hindia Selatan Jawa, Perairan Selatan Kupang ? P. Rote, Laut Sawu bagian Selatan, Laut Banda, Laut Timor bagian Utara, Perairan Kep. Kai dan Kep. Aru, serta Perairan Kep. Babar dan Kep. Tanimbar.

Dan gelombang 4,0-5,0 meter terjadi di Laut Arafuru dan Perairan Merauke.
(T013/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010