Sao Paulo (ANTARA News) - Brazil akan menunjuk pelatih baru bagi tim nasional untuk menggantikan Dunga dalam beberapa hari ke depan, demikian kata juru bicara konfederasi sepak bola negara tersebut (CBF), Rabu.

"Nama pelatih baru akan diketahui antara Jumat dan Senin," kata juru bicara CBF Rodrigo Paiva kepada wartawan, sebagaimana dikutip dari Reuters.

Mereka yang difavoritkan akan menempati salah satu kursi terpanas dalam sepak bola itu antara lain Luiz Felipe Scolari, yang memimpin Brazil meraih gelar Piala Dunia kelima pada 2002, pelatih Corinthians Mano Menezes, pelatih Fluminense Muricy Ramalho dan Abel Braga, yang melatih di Uni Emirat Arab.

Ramalho yang memenangi gelar kejuaraan Brazil tiga kali berturut-turut bersama Sao Paulo sementara Braga memenangi Piala Libertadores Amerika Selatan dan Kejuaraan Dunia Klub bersama Internacional pada 2006.

Menezes terkenal namanya, ketika memimpin Corinthians, menjadi salah satu klub paling populer di Brazil, keluar dari divisi kedua pada 2008 dan memimpin mereka meraih gelar Copa Brasil pada tahun berikutnya.

Karena Brazil menjadi tuan rumah Piala Dunia 2014, tekanan untuk memenangi gelar keenam akan semakin kuat dari biasanya.

Brazil disingkirkan dari putaran final 2010 di Afrika Selatan oleh Belanda pada babak delapan besar dan Dunga beserta seluruh staf kepelatihannya dipecat hanya dua hari sesudahnya meskipun pelatih tersebut sudah mengumumkan ia tidak akan bertahan dalam pekerjaan tersebut.

Dunga memenangi Copa America dan Piala Konfederasi dalam kepemimpinannya selama empat tahun tetapi dikritik karena timnya yang kurang gaya dan bugar.

Pertandingan Brazil berikutnya adalah pertandingan tandang persahabatan ke Amerika Serikat bulan depan.
(F005/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010