Mexico City (ANTARA News) - Bank Dunia memberikan pinjaman 800 juta dolar AS kepada Meksiko guna membantu transformasi transportasi publik guna mengurangi emisi, dan berbagai program lain, kata Presiden Bank Dunia Robert Zoellick di Meksiko, Rabu.

Pinjaman tersebut termasuk 450 juta dolar AS untuk program sosial, air dan juga infrastruktur, kata Menteri Keuangan Meksiko Ernesto Cordero selama konferensi pers bersama di Mexico City, sebagaimana dikutip dari AFP.

Sedangkan 350 juta dolar AS lainnya, termasuk 200 juta dolar AS dari Dana Teknologi Bersih (Clean Technology Fund), sebuah dana investasi iklim., akan mendukung modernisasi transportasi publik di seluruh Meksiko guna mengurangi emisi dan juga meningkatkan layanan, kata Cordero.

Zoellick, yang pada awal pekan ini ambil bagian dalam pertemuan puncak (KTT) Amerika tengah di El Salvador, juga memuji pemulihan ekonomi di Meksiko, dimana pertumbuhan diprediksi berbalik mebguat menjadi 4,5 persen tahun ini, setelah ekonomi menyusul 6,6 persen pada 2009.

Ia menyampaikan kembali pesannya dari Amerika Tengah seputar pentingnya melibatkan sektor swasta dalam berbagai upaya mendorong pertumbuhan.

Pimpinan Bank Dunia itu dijadwalkan bertemu dengan berbagai pelajar universitas di Mexico City pada Kamis.
(S004/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010