AS, Jepang dan Korsel atur pertemuan para menlu pada Mei

AS, Jepang dan Korsel atur pertemuan para menlu pada Mei

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat yang baru, Antony Blinken. ANTARA/REUTERS/Carlos Barria/Pool/tm/am.

Tokyo (ANTARA) - Amerika Serikat, Jepang dan Korea Selatan mengatur pertemuan para menteri luar negeri mereka selama pertemuan G7 di Inggris pekan depan pada Mei, menurut laporan Yomiuri Shimbun pada Kamis, mengutip berbagai sumber pemerintah.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken, Menteri Luar Negeri Jepang Toshimitsu Motegi dan Menteri Luar Negeri Korea Selatan Chung Eui-yong diharapkan bertemu untuk menegaskan kerja sama ketiga negara dalam menangani pengembangan nuklir dan rudal Korea Utara, menurut artikel surat kabar tersebut.

Korea Utara melakukan uji coba peluncuran dua rudal balistik yang dicurigai menuju ke laut dekat Jepang pada Maret. Langkah itu menunjukkan kemajuan yang stabil dalam program senjata Korut.

Pada April tahun ini, Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga mengatakan dia dan Presiden AS Joe Biden setuju untuk bersikeras mendorong Pyongyang mematuhi resolusi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk persenjataan nuklir dan misilnya.

Amerika Serikat memimpin dalam mengatur pembicaraan trilateral di sela-sela pertemuan para menteri luar negeri kelompok negara G7, yang akan diadakan pada 3-5 Mei, demikian menurut laporan Yomiuri.

Menlu Motegi dan Blinken juga diperkirakan akan mengadakan pertemuan, tetapi masih belum jelas apakah pembicaraan bilateral antara menteri luar negeri Jepang dan Korea Selatan itu akan berlangsung, kata surat kabar itu.

Sumber: Reuters

Baca juga: Indonesia berpeluang menjadi pemain kunci ekonomi halal dunia

Baca juga: Menteri Korsel harapkan peran China dalam upaya perdamaian Korea Utara

Penerjemah: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Fardah Assegaf
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Merayakan ultah pendiri Korea Utara dengan pesta dansa

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar