Seoul (ANTARA) - Korea Utara pada Senin mengecam potensi penjualan senjata canggih Amerika Serikat ke Jepang dan Korea Selatan, dan menyebutnya sebagai tindakan berbahaya yang meningkatkan ketegangan di kawasan dan memicu perlombaan senjata baru, kata media pemerintah.

Dalam sebuah pernyataan yang disiarkan kantor berita KCNA, Kementerian Pertahanan Korea Utara mengatakan Pyongyang akan meningkatkan langkah-langkah untuk membangun pencegahan perang guna menanggapi ketidakstabilan di kawasan yang menurut mereka disebabkan oleh Amerika Serikat dan sekutunya.

Jepang berencana membeli 400 rudal Tomahawk dari Amerika Serikat, yang merupakan bagian dari pembangunan militer terbesar sejak Perang Dunia Kedua.

Pentagon mengatakan pada Jumat bahwa Departemen Luar Negeri AS telah menyetujui potensi penjualan dalam kesepakatan senilai 2,35 miliar dolar AS (sekitar Rp36,22 triliun)

Amerika Serikat baru-baru ini mengumumkan pula mengenai persetujuan kemungkinan penjualan rudal Sidewinder dan Standard Missile 6 Block I ke Korea Selatan.

"Kami memperingatkan bahwa semakin besar keuntungan Amerika Serikat dari penjualan senjata tanpa pandang bulu, semakin besar pula biaya yang harus mereka keluarkan untuk krisis keamanan ini," kata pernyataan Korea Utara.

Pernyataan itu muncul ketika Korea Utara bersiap meluncurkan satelit mata-mata. Menteri Pertahanan Korea Selatan Shin Won-sik mengatakan pada Minggu bahwa peluncuran tersebut dapat dilakukan pada awal pekan ini.

“Kami dengan tegas memperingatkan Korea Utara untuk menghadapi kenyataan bahwa masyarakat internasional dengan tegas mengutuk kegiatan terlarang mereka dengan satu suara, dan segera menangguhkan rencana peluncuran satelit mata-mata militer yang kini sedang dipersiapkan,” kata Kepala Staf Gabungan Korea Selatan dalam sebuah pernyataan.

Militer Korea Selatan mengatakan peluncuran satelit tersebut merupakan sebuah provokasi dan pelanggaran terhadap resolusi Dewan Keamanan PBB yang melarang penggunaan teknologi rudal balistik oleh Korea Utara.

Pyongyang mengatakan pihaknya akan menunjukkan "kemampuan balasan yang lebih ofensif dan luar biasa," dengan menyebut apa yang disebutnya sebagai "ancaman militer" dari Amerika Serikat dan sekutunya.

Korea Utara mengatakan pada Rabu bahwa mereka telah berhasil melakukan uji statis terhadap "mesin bahan bakar padat berkekuatan tinggi tipe baru" untuk rudal balistik jarak menengah (IRBM), sehingga meningkatkan spekulasi mengenai uji coba rudal lainnya.

Dewan Keamanan Nasional Korea Selatan mengadakan pertemuan pada Senin dan mengatakan bahwa hal itu akan memperkuat kesiapan militer untuk segera menanggapi "setiap provokasi" oleh Korea Utara.

Sumber: Reuters

Baca juga: AS setuju jual 280 rudal ke Arab Saudi

Baca juga: AS pertimbangkan jual senjata dalam jumlah besar ke Mesir

Penerjemah: M Razi Rahman
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2023