Jakarta (ANTARA News) - Sebuah studio kreasi pembuat aplikasi interaktif, Nightspade, meluncurkan koran digital "BacaKoran" dan dikenalkan di pameran Indonesia Information Communication Technology Award (INAICTA) 2010 di Jakarta, Jumat.

Dalam acara di Jakarta Convention Center (JCC) itu Nightspade mengklaim koran digital-nya dapat diundah dengan cepat dalam waktu hanya dua menit dan berkapasitas hanya 2 megabyte, berbeda dengan koran digital lain yang bisa menghabiskan waktu hingga 20 menit.

"Kami melihat bahwa koran digital adalah kebutuhan masyarakat yang akan datang dan nantinya orang akan beralih dari koran cetak ke digital," kata Garibaldy W. Mukti.

Saat ini koran digital telah dipopulerkan oleh Kompas iPad, koran digital berbayar yang tersedia di komputer tablet buatan Apple Inc.

Namun, Garibaldy menyayangkan bahwa koran digital Kompas tersebut dibuat oleh orang asing. "Koran Kompas iPad itu dibuat oleh orang asing sedangkan koran digital yang ini asli buatan produk dalam negeri."

"Sangat ringan dan cepat karena Baca KORAN belum terdapat aplikasi video, hanya gambar, berbeda dengan koran digital di Kompas iPad saat ini," katanya.

Selain itu berita yang disajikan dalam BacaKORAN adalah berita keseluruhan yang terdapat dalam koran tersebut, sedangkan berita yang disuguhkan dalam Kompas iPad hanya berita pilihan redaktur saja bukan keseluruhan.

"Berita di Kompas iPad adalah editor choices terkadang berita tersebut belum mewakili keinginan pembaca," ujarnya.

Baca KORAN bisa digunakan dalam berbagai operating sistem seperti Mac, Windows, Linux bahkan Android baik di komputer PC, jinjing atau tablet.

"Kedepannya kami akan menyasar kepada komputer tablet Android yang mulai digemari pasar saat ini," katanya.

Koran digital lokal pertama itu memiliki aplikasi offline mode yang memungkinkan penggunanya dapat membaca berita tanpa terkoneksi Internet, asalkan proses unduh sudah selesai.

"Aplikasi offline mode-lah yang membedakan koran digital dengan situs-situs berita di Internet," katanya.

Setelah mengkritik Kompas iPad, Nightspade mengatakan sudah menjajaki kerjasama dengan koran harian nasional terbesar di Indonesia itu.

Garibaldy mengatakan tidak menjadi masalah walaupun Kompas sudah memiliki Kompas iPad karena mereka memiliki banyak dana untuk berkerja sama dengan vendor lainnya.

(Adm/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010