Brisbane (ANTARA News) - Sistem transportasi publik berupa kereta api di Inggris diupayakan menampilkan sisi mewah dan super cepat dengan rancangan yang futuristik dengan nama kereta "Mercury" dengan kecepatan 362km/jam.

Kereta api "Mercury", seperti turut diberitakan oleh jaringan news.com.au, akan melintasi Inggris sebagai bagian dari sistem kereta api cepat negeri itu.

Menurut si perancang, Paul Priestman, bagian interior kereta api akan semewah apartemen kelas "penthouse" dengan sofa yang sangat nyaman dan perabot pelengkap yang lunak.

Tempat duduk para penumpang akan dilengkapi dengan layar komputer yang tersambung dengan tayangan film, musik dan sistem hiburan permainan.

Desain juga termasuk ruang khusus untuk menaruh sepeda kayuh, sebuah bar, dan lantai dua untuk penumpang bisa melihat ke sekitar.

Penumpang kelas satu akan mendapatkan fasilitas berupa bar, sementara penumpang yang bepergian dengan keluarga dapat menggunakan ruang khusus yang tertutup.

"Kita perlu mengajak publik untuk lebih sering lagi bepergian dengan kereta api agar Inggris berhasil mencapai ekonomi rendah karbon," kata Priestman.

Ia menambahkan, "Untuk mencapai hal itu, perjalanan dengan kereta api harus setara menyenangkannya dengan bepergian dengan pesawat terbang dan seseksi mobil keluaran terbaru. Kereta ini bukan cuma harus cepat, tapi juga modern, mewah, menarik, dan bergaya."

Desain ini ditawarkan kepada Menteri Transportasi Inggris yang baru, Phillip Hammond, setelah ia berjanji untuk membangun jaringan kereta api cepat untuk Inggris.(E012/M014)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010