Liga Inggris

Brighton kembali ke jalur kemenangan demi jauhi ancaman degradasi

Brighton kembali ke jalur kemenangan demi jauhi ancaman degradasi

Penyerang Brighton & Hove Albion Danny Welbeck (kiri) melakukan selebrasi bersama Daniel Burn seusai mencetak gol ke gawang Leeds United dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Amex, Brighton, Inggris, Sabtu (1/5/2021). ANTARA/REUTERS/POOL/John Sibley/aa.

Jakarta (ANTARA) - Brighton & Hove Albion kembali ke jalur kemenangan demi menjauhi ancaman degradasi seusai membekuk Leeds United 2-0 dalam laga pekan ke-34 Liga Inggris di Stadion Amex, Sabtu.

Gol-gol yang dicetak Pascal Gross dan Danny Welbeck membuat Brighton merasakan kemenangan pertama mereka dalam lima pertandingan terakhirnya.

Tim besutan Graham Potter itu melompat ke urutan ke-14 klasemen dengan koleksi 37 poin, memperlebar jarak aman dari zona degradasi menjadi 10 poin.

Sedangkan Leeds (47), yang menelan kekalahan pertama dalam tujuh pertandingan terakhir, tak beranjak dari urutan kesembilan terancam disalip setidaknya dua tim di bawahnya, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Baca juga: Chelsea ditahan Brighton 0-0 di tengah polemik Liga Super Eropa

Kedua tim bermain relatif terbuka sejak sepak mula, tetapi tuan rumah lebih dulu mengancam lewat tembakan Leandro Trossard yang masih dekat dengan jangkauan kiper Illan Meslier.

Pada menit ke-13, Brighton dihadiahi tendangan penalti oleh wasit Chris Kavanagh setelah Welbeck dijatuhkan dengan keras oleh Ezgjan Alioski di dalam area terlarang.

Kesempatan itu dioptimalkan dengan sempurna oleh Gross yang melepaskan tembakan keras tak terjangkau Meslier demi membuka keunggulan Brighton.

Leeds hampir menyamakan kedudukan lewat umpan silang berbahaya Jack Harrison yang berusaha dihalau kiper Robert Sanchez tetapi bola mengenai badan Joel Veltman nyaris menjadi gol bunuh diri, beruntun Daniel Burn berada di posisi yang tepat untuk melakukan sapuan.

Baca juga: Leeds vs MU berakhir 0-0, di tengah protes #GlazersOut
Baca juga: Liga Super Eropa di mata Marcelo Bielsa


Tim besutan Marcelo Bielsa itu terus berjibaku untuk mencetak gol balasan, sayang peluang bagus Tyler Roberts yang sudah akurat sekali lagi dihadang oleh Burn yang pasang badan di muka gawang.

Keunggulan 1-0 yang mampu dipertahankan Brighton hingga turun minum berusaha mereka gandakan pada awal babak kedua, tetapi tandukan Veltman masih melenceng dan sepakan Welbeck terlalu lemah.

Pada menit ke-79, Brighton betul-betul menggandakan keunggulan mereka lewat bola lambung yang gagal diantisipasi barisan pertahanan Leeds dan Welbeck dengan tenang menyelesaikannya untuk melesakkan bola ke pojok kanan bawah gawang tim tamu.

Pada pertandingan selanjutnya, Brighton akan melawat ke Molineux menghadapi Wolverhampton pada Minggu (9/5) pekan depan, sehari setelah Leeds menjamu Tottenham Hotspur di Elland Road.

Baca juga: City samai rekor kemenangan tandang beruntun selepas bungkam Palace
Baca juga: Leicester ditahan imbang 10 pemain Southampton
Baca juga: Jelang lawatan ke Chelsea, Fulham berharap dinaungi keberuntungan

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Direksi TVRI patahkan alasan Dewas pecat Helmy soal tayangan asing

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar