Semarang (ANTARA News) - Pemegang gelar Super Champions kelas bulu asosiasi tinju dunia (World Boxing Association/WBA), Chris John, menjalani istirahat total menyusul cedera yang diderita pada tulang iganya menjelang pertarungan melawan petinju Argentina, Fernandi Saucedo.

"Saya belum latihan sedikit pun karena untuk bergerak sedikit saja masih terasa sakit. Jadi saat ini saya benar-benar istirahat total terlebih dulu," kata Chris John ketika dihubungi di Semarang, Selasa.

Menurut dia, istirahat total ini sampai cederanya ada perkembangan yang baik. "Saya belum bisa memastikan kapan mulai menjalani latihan yang sifatnya ringan, seperti jogging untuk menjaga kebugaran badan," katanya menegaskan.

Ia mengakui, memang dibandingkan saat mendapatkan cedera beberapa waktu lalu di Jakarta, sekarang ini memang sudah menunjukan perkembangan yang baik, tetapi dirinya belum berani melakukan aktivitas latihan meskipun ringan.

"Memang sudah lebih baik, tetapi untuk bergerak sedikitny saja belum nyaman," kata pemilik rekor bertarung 43 kali menang (22 di antaranya dengan knock out/KO) dan dua kali seri tersebut.

Chris John awalnya akan bertarung melawan Fernando Saucedo (penantang peringkat 16 WBA), di Ballroom Pacific Place Hotel Ritz-Carlton, Jakarta, 26 Juli 2010. Namun, ia cedera.

"Chris retak tulang iganya terkena pukulan lawan latih tandingnya juara nasional kelas ringan, Roy Tuamanihuruk, beberapa hari lalu. Setelah dirontgen di klinik dekat Hotel Sahid baru kami tahu kalau tulang iganya retak," kata Asisten Manajer Herry`s Gym, Toni Priatna.

Ketika disampaikan bahwa lawan pertarungan berikutnya bukan Fernando Saucedo mengingat pertarungan itu sifatnya pilihan atau choice, dia mengatakan, kemungkinan begitu, tetapi itu urusan dari manajer dan pelatih, Craig Christian.

"Yang penting sekarang ini saya konsentrasi untuk penyembuhan cedera terlebih dulu supaya benar-benar sembuh 100 persen," kata istri mantan atlet wushu Jawa Tengah, Anna Maria Megawati, tersebut.

Bagi Chris John sebenarnya pertarungan melawan El Vasco (panggilan Fernando Saucedo) tersebut merupakan yang ke-13 kali bagi Chris John untuk mempertahankan gelarnya sejak merebutnya dari tangan petinju Panama, Oscar Leon di Bali pada 2003.
(ANT/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010