Jakarta (ANTARA News) - Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) menjaring ide soal koperasi melalui lomba penulisan bertema perkoperasian yang digelar sebagai rangkaian Hari Koperasi ke-63.

Koordinator Majelis Pakar Dekopin sekaligus Ketua Dewan Juri Lomba Kepenulisan Perkoperasian menyambut Hari Koperasi ke-63, Teguh Boediyana, di Jakarta, Selasa, bersama sejumlah anggota Dekopin lainnya mengumumkan pemenang dari sejumlah kategori yang telah ditetapkan.

"Lomba ini untuk menjaring ide dari berbagai kalangan perihal koperasi," katanya.

Pada kesempatan itu, diumumkan sejumlah nama sebagai pemenang di antaranya Rishan Adha yang memenangkan lomba penulisan perkoperasian pada Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-63 Tahun 2010 melalui tulisan yang berjudul Revitalisasi Koperasi Unit Desa (KUD) untuk menjawab tantangan pasar bebas.

Rishan Adha, mahasiswa Institut Ilmu Manajemen Koperasi Indonesia (Ikopin) Jatinangor, Jawa Barat, ditetapkan sebagai pemenang kategori umum.

Pemenang kedua adalah Eka Heni Sulistiani, Asisten Dosen Universitas Brawijaya dengan karya tulis berjudul Infiltrasi modal sosial pada koperasi untuk meningkatkan daya tawar petani. Sementara peringkat ketiga dimenangkan Erwin Novianto.

Erwin, karyawan Lembaga Setifikasi Fair Trade Indonesia-Timor Leste mengangkat tulisan berjudul Jati diri koperasi: Pergulatan daya saing koperasi dalam sistem ekonomi pasar.

Sedangkan untuk kategori wartawan juara 1 dimenangkan oleh Stevanus Osa dari Kompas dengan tulisan berjudul Eksklusivitas Koperasi. Sementara juara 2 dimenangkan oleh Mulia Ginting M. dari Bisnis Indonesia dengan tulisan berjudul Sinergikan Koperasi Pertanian.

Juara 3 dimenangkan oleh Hanni Sofia dari Kantor Berita Antara dengan judul tulisan Menggali Potensi Koperasi sebagai Solusi Perdagangan Bebas.

Pada pemenang masing-masing menerima penghargaan uang tunai Rp10 juta, Rp7,5 juta, dan Rp5 juta.

Panitia Lomba yang diketuai Khofifah Indar Parawansa yang juga Wakil Ketua Dekopin Bidang Perempuan dan Pemuda, menetapkan aspek yang harus dipenuhi penulis terdiri dari materi, metode, dan gaya dengan masing-masing persentasenya 40 persen, 40 persen, dan 20 persen.

Aspek yang dinilai dari materi adalah, pendekaan definisional, asumsi data, dan organisasi data. Dari sisi metode dinilai tentang koherensi argumentasi, relevansi data dengan tema, serta penyimpulan. Dari penilaian gaya mengandung aspek diksi dan ejaan.

Adapun kriteria yang harus dipenuhi peserta, mengedepankan visi pengembangan koperasi serta pemikiran yang konstruktif.

Selain itu memiliki unsur inovasi, sehingga koperasi bisa menjawab tantangan zaman yang terus berubah. (*)
(T.H016/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010