Semarang (ANTARA News) - Ketua Dewan Pembina Partai Gerakan Indonesia Raya Prabowo Subianto menegaskan partai ini tetap percaya diri jika tingkat keterwakilan di parlemen atau "parliamentary threshold" dinaikkan menjadi lima persen.

"Kami cukup confident (percaya diri). Jadi sudah tidak ada masalah," katanya usai seminar bertajuk "Indonesia di Persimpangan Jalan", di Semarang, Rabu.

Meski demikian, ia menilai, besaran tingkat keterwakilan di parleman yang ada saat ini sudah cukup baik.

Bangsa Indonesia, lanjutnya, memiliki penduduk yang besar dan saat ini sedang dalam proses belajar berdemokrasi.

"Jangan dipatahkan semangat berdemokrasi," tegas mantan Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus Angkatan Darat Tentara Nasional Indonesia ini.

Sejumlah partai menengah dan kecil memunculkan wacana koalisi untuk menghadapi Pemilihan Umum 2014, antara lain dengan membentuk konfederasi dan fusi partai politik.

Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah Partai Republikan Jawa Tengah, Hendra Tristantio berharap koalisi ini mampu mengakomodasi suara sejumlah partai yang tidak lolos ambang batas keterwakilan di parlemen.

Sementara Wakil Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Amanat Nasional Jawa Tengah Khafid Sirotudin mendukung wacana konfederasi yang diusung Dewan Pimpinan Pusat partainya.(*)

I021/M028/AR09

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010